Mepet Sholat Jumat, Masjid As Sayid Abbas Al Maliki Tunda Sembelih Kurban

01/09/2017
144 Views

Portaltiga.com – Sejumlah masjid dan mushola di Surabaya, menunda penyembelihan hewan kurban di Hari Raya Idhul Adha. Mepetnya waktu penyembelihan dengan sholat Jumat menjadi salah satu penyebabnya.

Seperti Masjid As Sayid Abbas Al Maliki. Masjid yang berlokasi di Jalan Keputran Kejambon, Surabaya ini menunda penyembelihan hewan kurban pada Sabtu besok. Tahun-tahun sebelumnya, masjid As Sayid menyembelih kurban usai Sholat Idhul Adha.

“Diberitahukan kepada seluruh warga di sekitar Keputran Kejambon, penyembelihan hewan kurban baru dilaksanakan Sabtu besok. Karena waktunya mepet dengan sholat Jumat nanti,” kata ustad Mukri Ibrahim, salah satu pengurus masjid As Sayid Abbas Al Maliki usai sholat Idul Adha, Jumat (1/9/2017).

Idul Adha tahun ini, masjid As Sayid Abbas Al Maliki hanya menyembelih hewan kurban 12 ekor kambing. Sumbangan dari warga sekitar. Jumlah tersebut lebih sedikit dibanding tahun-tahun sebelumnya. Selain kambing, juga berkurban sapi.

“Kita diperintahkan oleh Allah untuk beribadah sholat lima waktu dan berkurban. Kumpulkan sebagian rejeki dari Allah agar kita bisa ikut berkurban sapi atau kambing. Kita berupaya mendapatkan pahala dari Allah dengan berbuat baik kepada sesama makhluk Allah,” kata KH Mashuda Al Manas yang menjadi pengkhotbah sholat Idul Adha.

Tak jauh dari Masjid As Sayyid, Mushola Al Hilmah juga menunda penyelembihan hewan kurban. Sebanyak 6 ekor kambing yang siap disembelih usai sholat Idul Adha, terpaksa ditunda Sabtu besok karena waktunya mepet dengan sholat Jumat.

Jumlah hewan kurban di Musholla Al Hikmah ini, juga lebih sedikit dibanding tahun sebelumnya. Bahkan, mushola yang beralamatkan di Jalan Keputran Pasar Kecil IV, Surabaya ini sempat menyembelih satu ekor sapi. (bmw/abi)

Leave A Comment