Menteri Kesehatan Nila F Moeloek Luncurkan Sigalih Di Hari Penglihatan Sedunia 2018

Portaltiga.com – Mata sehat adalah investasi menjadi tagline puncak peringatan hari Penglihatan Sedunia yang dihelat di Gedung Graha-Puslitbang Humaniora dan Kesehatan Jl Indrapura 17 Surabaya pada Kamis (11/10/2018). Dibuka langsung oleh menteri kesehatan Nila F Moeloek dengan wacana “Kenali dan Deteksi Gangguan Penglihatan Sedini Mungkin”.

“Hampir 90 persen penduduk dunia mengalami gangguan mata menurut data WHO, ini juga termasuk Indonesia.Maka hari ini kementerian Kesehatan meluncurkan aplikasi berbasis Android bernama Sigalih untuk pencegahan dini atas kerusakan mata terutama diakibatkan katarak,” ungkap Nila F Moeloek dalam pidatonya.

Sigalih(Sistem informasi penanggulangan gangguan penglihatan) merupakan aplikasi pencatatan dan pelaporan yang selalu update antara posbindu, puskesmas dan Rumah Sakit untuk bisa memberikan informasi yang dibutuhkan agar penanganan pasien lebih cepat, efektif dan efisien.

Hingga memudahkan menekan angka penyakit katarak yang nantinya dikembangkan juga untuk gangguan refraksi dan gangguan penglihatan lainnya yang bertujuan untuk menurunkan angka kebutaan.

Aplikasi ini sudah ada di di play store pada 7 Oktober 2018, versi 1.1.2 terbaru telah tersedia dan tidak memakan memori smartphone karena hanya 6.77 MB saja. Demo penggunaannya dilakukan oleh perwakilan puskesmas Wonokromo.

Selain itu menteri Kesehatan Nila F Moeloek melakukan video conference dengan perwakilan kabupaten seperti DKI Jakarta, Sulawesi Selatan dan lainnya untuk menanyakan kesiapan untuk menggunakan Sigalih ini. Hari Penglihatan Sedunia ini juga dihadiri anak-anak sekolah dasar perwakilan dari Surabaya untuk melakukan check up dini mata dan mencoba simulasi pencegahan kelainan mata. (fey/tea)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION