Menteri Halim Iskandar: Ada “Desa Surga” di Lamongan

Portaltiga.com – Desa Balun, Kecamatan Turi kabupaten Lamongan dikenal sebagai Desa Pancasila lantaran toleransi antar umat beragama yang tinggi satu sama lain.

Desa Balun terdiri atas 10 RT (Rukun Tetangga) memiliki sekitar 4.600 warga, dengan banyak bangunan tempat ibadah seperti pura, gereja dan masjid yang lokasinya saling berdekatan.

75 persen penduduk memeluk agama Islam, 18 persen beragama Kristen, dan sisanya beragama Hindu. Penduduk di desa ini dapat hidup rukun secara berdampingan hingga saat ini.

Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Abdul Halim Iskandar yang baru menjabat terkejut sekaligus kagum dengan tingginya toleransi saat mengunjungi desa tersebut setelah berkeliling melihat, Jumat (6/12/2019).

Dihadapan awak media, kakak kandung ketua umum PKB Muhaimin Iskandar itu menyebut desa Balun prototipe desa surga yang ada di Indonesia.

“Saya katakan luar biasa. Salah satu prototipe ‘desa surga’ itu ada di Lamongan, namanya Desa Balun,” singkat Halim.

Halim mengatakan, jika semua agama rukun, berarti hubungan sosialnya bagus. Kalau sudah hubungan sosial bagus, pasti hidupnya nyaman.

“Makanya kalau mau tahu Indonesia, nggak usah jauh-jauh, datang saja ke Desa Balun. Itulah Indonesia yang sebenarnya, guyub, rukun, semua agama bisa menjalankan ibadahnya dengan senyaman-nyamannya,” kata Halim di sela kunjungannya. (tbk/abi)

Foto: Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar melakukan selfie bersama bupati Lamongan Fadeli dan tokoh-tokoh dari agama Islam,Hindu dan Kristen di Desa Balun.

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION

Translate »