Menteri Desa Hadiri Prosesi Wisuda Akademi Desa Di UPN Veteran

Portaltiga.com – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo menghadiri prosesi wisuda 104 wisudawan Akademi Desa 4.0 di Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran, di Surabaya, Selasa (19/9/2018). Wisuda kali ini merupakan wisuda yang pertama kali diadakan di indonesia.

Eko menyebut, Program Akademi Desa 4.0 ini merupakan program pendampingan untuk membuat desa lebih maju dan tidak kalah bersaing dengan kota, mengingat kurang efektifnya para pendamping jika harus dikumpulkan untuk mengikuti pelatihan.

“Dengan Akademi Desa 4.0, pelatihan bisa dilakukan secara virtual, jadi materinya bisa melalui internet, pelajaran bisa lihat melalui youtube atau chanel-chanel portal online yang bisa dipakai,” jelas Eko saat ditemui usai Prosesi Wisuda.

Proses wisuda kali ini merupakan puncak dari sertifikasi para pendamping setelah menempuh pendidikan selama enam bulan.

“Jadi setiap enam bulan kita akan bikin sertifikasi dan wisuda semacam ini,” ujarnya.

Melalui wisuda kali ini, ia berharap kepada mahasiswa agar semakin aktif untuk membangun desa dengan melihat berbagai peluang yang dapat dimanfaatkan dari desa.

“Saya berharap mahasiswa jangan hanya sekolah untuk mencari pekerjaan, tapi turun ke desa melihat peluang-peluang di desa, jadi pengusaha-pengusaha di desa,” tegasnya. (tea)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION