Mensyukuri 47 Tahun PDI Perjuangan Sebagai Dedikasi WNI Peduli Bangsa dan Negara

Oleh: Hari Putri Lestari

PDI Perjuangan merupakan salah satu wadah perjuangan mewujudkan gagasan, ide, kepedulian, mengatur terhadap aspek-aspek kehidupan disegala bidang sejak manusia dalam kandungan sampai meninggal dunia akan dimakamkan.

Segala kebijakan publik lahir dari politik praktis, yang mana para pelaku politik (baik yang duduk di Eksekutif, Legislatif, Struktur partai, hingga jabatan-jabatan publik strategis lainnya) merupakan orang-orang yang dididik/digembleng dalam lingkungan Partai Politik.

Oleh karenanya, partai politik semacam Candradimuka, tempat merencanakan dan pelaksanaan mensejahterkan masyarakat dan membangun peradaban bangsa. Jika partai politik gagal melahirkan kader-kader terbaiknya, maka akan rusak tatanan berbangsa dan bernegara.

Berbicara PDI Perjuangan yang kini berusia 47 tahun, maka tidak akan lepas dari sosok revolusioner Ir. Soekarno dan Megawati Soekarno Putri, Ibu Mega adalah tokoh perempuan tertangguh di Indonesia sejak era kemerdekaan. Hal tersebut terbukti dalam kesabaran revolusioner beliau berjuangan mulai belum menjadi ketua umum PDI, lalu saat orde baru, hingga sampai dengan saat ini.

Ibu Megawati adalah perempuan dengan kapasitas yang luar biasa, beliau memimpin sebuah partai besar di Indonesia, menjadi presiden perempuan pertama, dan berbagai pengahargaan yang diperoleh baik dari dalam negeri dan luar negari, 9 Penghargaan Honoris Causa yang beliau terima diantaranya:

1. September 2001 (Universitas Wasade Tokyo – Jepang)
2. April 2003 (MGIMO Bidang Politik – Rusia)
3. Oktober 2015 (KMOU Bidang Politik – Korea)
4. Mei 2016 (UNPAD Bid. Politik dan Pemerintahan – Indonesia)
5. September 2017 (MNU Bid. Demokrasi Ekonomi Bagi Tokoh Perempuan – Korea Selatan)
6. September 2017 (UNP Bidang Pendidikan Politik – Indonesia)
7. Maret 2018 (IPDN Bidang Politik dan Pemerintahan – Indonesia)
8. November 2018 (FNU Bidang Diplomasi Ekonomi – Tiongkok)
9. Januari 2020 (Universitas Soka of Japan Bid. Politik dan Pemerintahan – Jepang)

Selain itu, ketangguhan beliau dalam memimpin terbukti dalam mencipatkan kader partai menjadi kepala daerah – kepala daerah berprestasi, legislator – legislator yang berani membela kepentingan rakyat, dan tentunya Presiden Jokowi adalah kader terbaik PDI Perjuangan.

Seluruh capaian tersebut beliau perjuangkan dengan selalu memasukkan dan menerapkan nilai-nilai Idiologi Pancasila dan Trisakti Bung Karno.

Selamat HUT ke-47 PDI Perjuangan, semoga semakin jaya , dan semakin dekat dengan rakyat.

Penulis adalah anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jatim

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION

Translate »