Menpora Imam Nahrawi Dikukuhkan Sebagai Ketua IKA UINSA

Portaltiga.com – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) dikukuhkan sebagai Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Ikatan Alumni Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (IKA-UINSA) periode 2017-2020 di Gedung Amphitheater Twin Towers, kampus UINSA, Surabaya, Rabu (14/2/2018).

Dalam kesempatan itu, Imam Nahrawi mengatakan, IKA-UINSA ini sebagai wadah buat para alumnus yang berasal dari bermacam daerah di Indonesia. IKA UINSA berperan memberi inspirasi dalam bermacam bidang keilmuan. Bukan hanya di bidang keagamaan yang selama ini dipahami masyarakat.

“Saya juga berharap anggota IKA UINSA berperan aktif menggerakan roda organisasi IKA UINSA. Saya ingin agar alumnus UINSA bisa masuk ke semua sektor kehidupan masyarakat,” ujarnya.

Selain itu, pria yang baru saja menerima gelar Doktor Honoris Causa dari UINSA juga sempat meminta agar mahasiswa di UINSA bisa kuliah lebih cepat. Pasalnya, dia menyelesaikan masa kuliah selama 14 semester atau tujuh tahun.

Lamanya di bangku perkuliahan itu salah satunya karena sibuk mengurus organisasi, Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII). “Jangan tiru saya ya. Kalau bisa tujuh semester saja,” ucap politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini.

Rektor UINSA, Prof Abd A’la menambahkan sumbangsih IKA UINSA sampai saat ini cukup besar. Banyak alumnus yang merantau dan memperoleh pekerjaan berkat bantuan dari IKA UINSA. Misalnya, d Jakarta sudah ada rumah singgah untuk alumnus UINSA.

“IKA UINSA memiliki peran strategis membangun UINSA. Bagaimana peran dan posisi dari alumni sebagai pengayom dan pendamping agar UINSA bisa berkembang lebih baik lagi,” ujarnya.

Menurut A’la, dengan posisi dan tanggung jawab yang diemban IKA UINSA tersebut, tentu membutuhkan pemimpin yang memiliki kapasitas, komitmen, memiliki relasi yang kuat dan luas. IKA UINSA saat ini, menjadi rujukan dari Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) yang lainnya.

“Dari yang sebelumnya tidak memiliki ikatan alumni, saat ini sudah ada. Kami berharap, alumni UINSA ada di mana-mana tapi tidak ke mana-mana, selalu menjadi satu,” jelasnya.

Seperti diketahui, Imam Nahrawi terpilih kembali secara aklamasi sebagai Ketua Umum PP IKA UINSA periode 2017-2022, pada Jum’at (15/9/2017). Pemilihan tersebut digelar dalam Muktamar ke-1 IKA UINSA di hotel Green SA Inn, Juanda, Sidoarjo. (bmw/abi)

JOIN THE DISCUSSION