Menjelang Arus Mudik, Pomdam V/Brawijaya Siagakan Personel

Portaltiga.com – Menjelang mudik lebaran tahun ini, Kodam V/Brawijaya menyiagakan seluruh personelnya untuk ikut serta mengamankan berlangsungnya kegiatan tersebut.

 

Hal itu, diungkapkan langsung oleh Wadanpomdam V/Brawijaya, Letnan Kolonel Cpm I. B Rahwan Diputra, SH melalui acara talk show di salah satu stasiun radio di Kota Surabaya.

 

Dikatakannya, beberapa langkah harus dilakukan oleh prajurit TNI di jajaran Kodam V/Brawijaya menjelang berlangsungnya perayaan Idul Fitri tahun ini.

 

“Menjelang lebaran, kita semua terlibat, khususnya Polisi Militer dalam upaya membantu masyarakat sekitar,” katanya.

 

“Itu sudah diatur dalam tupoksi kami. Selain menegakkan Kedaulatan NKRI, TNI juga berhak melindungi masyarakat. Itupun sudah diatur di dalam undang-undang nomor 34 tahun 2004 tentang TNI dan tergolong di dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP),” tegas Letkol Rahwan yang hadir mewakili Danpomdam Brawijaya.

 

Selain itu, kata Letkol Rahwan, tak hanya mewujudkan keamanan dan kenyamanan di kalangan masyaraka. Menurutnya, seluruh personel Pomdam yang diterjunkan di setiap titik lokasi, nantinya juga akan turut serta membantu beberapa aparatur hukum terkait dalam melalukan pengamanan lokasi arus mudik di Jawa Timur.

 

“Nantinya, mereka juga akan bersinergi dengan aparat terkait lainnya dalam upaya pengamanan arus mudik tahun ini,” jelasnya.

 

Saat ini, Kodam V/Brawijaya menghimbau seluruh jajarannya untuk terus menjalin sinergitas dengan aparat hukum terkait dalam upaya pengamanan tersebut. Bahkan, tindakan itu, juga dilakukan hingga saat arus balik lebaran. (Adm)

JOIN THE DISCUSSION