portaltiga.com
Headline Umum

Mengenal Meterai Elektronik dan Cara Menggunakannya

Portaltiga.com – Sejak dulu meterai telah menjadi kebutuhan bagi yang ingin menyertakan legalitas sebuah dokumen dalam suatu kepentingan tertentu. Salah satunya keberadaan surat berharga.

Selama ini, penggunaan meterai memang sepenuhnya masih menggunakan metode konvensional berupa meterai tempel yang juga digunakan pada dokumen secara langsung.

Namun terbaru, pemerintah melalui Kementerian Keuangan akhirnya menghadirkan meterai elektronik (eMeterai) 10000, yang diluncurkan secara resmi oleh Sri Mulyani selaku Menteri Keuangan (Menkeu) pada hari Jumat, (1/10/2021).

Berdasarkan keterangan, meterai elektronik yang hadir dibekali teknologi digital signature X.509 SHA 512 dan tiga fitur keamanan tambahan.

Adapun fitur pertama yang dimaksud yaitu OVERT, yang membuat 70 persen desain dari setiap meterai elektronik berbeda berkat kehadiran barcode unik. Kedua COVERT, fitur berupa Peruri seal yang hanya dapat dibaca dengan scanner atau aplikasi khusus dari peruri dan signature panel yang dapat dilihat menggunakan aplikasi pdf adobe acrobat reader. Ketiga, fitur khusus untuk pembuktian forensik oleh Peruri.

Lantas bagaimana dengan kelanjutan dari keberadaan meterai konvensional atau meterai tempel yang ada saat ini?

Related posts

Menteri Keuangan Sri Mulyani Mendapat Penghargaan Menteri Terbaik Di Dunia

admin