portaltiga.com
Headline Umum

Membuat Foto Berbicara, Dibutuhkan Tiga Elemen Menurut Becky Subecky

Portaltiga.com – Dalam memotret sesuatu dibutuhkan ketenangan untuk bisa menangkap moment bukan sekedar foto yang bagus secara teknis. “Foto yang berbicara, apa yang disampaikan secara visual telah terbaca oleh umum. Ada storytelling dalam foto tanpa harus kita jabarkan,” ungkap Becky Subecky, redaktur foto senior Jawa Pos saat memberikan paparan fotografi di Ngopi Fotografi jilid pertama pada Sabtu(4/5/2019) Jawa Pos Lounge Graha Pena Jl. A Yani 88 Surabaya.

Dijabarkan oleh Becky Subecky bagaimana membikin foto yang tidak sekedar visual yang bagus tapi ada cerita yang disampaikan didalamnya. Ada 3 elemen untuk bisa mendapatkan Foto yang berbicara yaitu pertama adalah teknik fotografi digunakan untuk memperkuat pesan foto.

“Sebagus apapun teknik fotografi yang digunakan tapi tidak memberikan pesan didalam maka itu hanya sekedar foto biasa. Hal yang luar biasa jika foto itu memberikan informasi kepada pembaca contoh jika foto pada background stasiun, kita tidak memasukkan item-item yang menandakan itu stasiun tanpa merubah subyek gambar yang kita shoot,” terang Becky yang pernah menjadi fotografer Surabaya Post era 90-an.

Kedua adalah padu padan elemen dalam satu foto. Saat memotret sebisa mungkin jika dalam satu frame terdapat berbagai elemen yang akan menambah suasana dramatis dan lebih informatif.

“Saya contohkan jika mencapture pemandangan di gunung, jika difoto polos mungkin indah tapi jika ditambahkan ada aktivitas manusia seperti penambang kapur maka secara gamblang akan memberikan banyak pertanyaan macam berapa berat kapur yang dibawa,” ujar Becky lagi.

Hal yang terakhir atau ketiga tentang gesture dan ekspresi, memfoto humanis atau dikenal foto jurnalistik lebih memfokuskan pada ekspresi subyek. “Gesture dan ekspresi akan ditangkap saat moment pas, ini yang agak susah jika kita tidak pernah mengasahnya. Hitungannya sekian detik, maka saat memfoto harus tenang jangan mabuk pastinya,” canda Becky yang acara ini bekerja sama dengan Matanesia Surabaya.

Tema Ngopi Fotografi part 1 ini memang fokus pada “Berbicara Melalui Fotografi” kebetulan para pembicara lebih bergerak di bidang foto jurnalistik. Selain Becky Subecky, ada juga Mamuk Ismuntoro dari Matanesia.

“Untuk bisa membuat foto bisa berbicara, banyak membaca apapun agar bisa menvisualisasikan apa yang diinginkan,” pesan Mamuk Ismuntoro diakhir acara. Dikemudian hari mendatang direncanakan event ngopi fotografi Ini akan diadakan sebulan sekali rutin.(fey/fey)