MEA, Akuntan Publik Di Jatim Harus Tersertifikasi

Portaltiga.com, SURABAYA-Menghadapi persaingan pasar bebas Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), akuntan publik di Jawa Timur sudah harus ter sertifikasi profesi. Pasalnya, dengan sertifikasi profesi akuntan tentunya keahlian seorang akuntan publik semakin  kredibel.

Ketua Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) Wilayah Jawa Timur, Tjiptohadi Sawarjuwono, mengatakan, dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean sertifikasi profesi akuntan publik sangat penting, agar kinerja akuntan semakin profesional dan kredibel.

“Selama ini memang akuntan publik di Jatim sudah profesional, namun dalam menghadapi MEA dimana persaingan terhadap akuntan bukan hanya skala nasional melainkan harus bersaing dengan luar negeri, maka sertifikasi sangat penting bagi akuntan publik.”ujarnya, kepada wartawan, di sela peresmian Graha IAI Jatim di Surabaya, Kamis (07/04/16).

Ia menjelaskan, perkembangan anggota IAI Wilayah Jawa Timur dalam lima tahun terakhir terus bertambah. Pada tahun 2011 saja jumlah anggota IAI sebanyak 511 orang, dan tahun 2012 meningkat menjadi 606 orang, tahun 2013 meningkat 678 orang, tahun 2014 naik lagi menjadi 2.064 orang.

“Tahun 2015 lalu anggota IAI Jatim terus meningkat menjadi 3.119 orang. Dan sampai dengan bulan April 2016 meningkat lagi menjadi 3.921 orang, dengan rincian anggota utama 1.674 orang, anggota madya 685 orang, dan anggota muda 1.562 orang.”kata Tjiptohadi.

Semakin bertambahnya anggota akuntan publik di Jawa Timur,  kata Tjiptohadi, hal ini menandakan betapa profesi akuntan menjadi back bone bagi siapa saja, baik swasta maupun pemerintahan dalam hal pengelolaan tata keuangan yang benar dan baik, sehingga tidak terjadi kebocoran keuangan.

“Keberhasilan anggota IAI Jatim saat ini adalah membangun sinergi terhadap seluruh steakholder baik di lembaga pendidikan, perguruan tinggi, pemerintahan, dunia usaha dan industri serta masyarakat luas. Terlebih dalam menghadapi MEA, tentunya ke profesionalitas kita tingkatkan lagi, karena harus bersaing dengan akuntan asing.”ungkapnya. (TrishnO)

 

JOIN THE DISCUSSION