May Day, Buruh Jatim Tuntut Kadisnakertrans Jatim Dipecat

 

Portaltiga.com:Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Kependudukan (Disnakertransduk) Jatim, Sukardo dituntut mundur dari jabatannya. Sukardo dianggap tidak mampu memberikan perlindungan terhadap buruh.

“Kalau tidak bisa memberikan perlindungan kepada buruh, sebaiknya Kadisnaker Jatim dipecat saja,” kata salah seorang buruh saat berorasi di depan Gedung DPRD Jatim di jalan Indrapura, Surabaya, Minggu (1/5).
Tak cuma dengan pernyataan, tuntutan pemecatan Sukardo juga dituangkan di spanduk yang dibawa buruh saat berunjukrasa di depan Gedung DPRD Jatim. Spanduk itu bertuliskan pecat Kepala Disnakertransduk Jatim.

Selain itu, ribuan buruh juga membawa puluhan spanduk yang intinya menolak kebijakan perusahaan yang merugikan buruh. Salah satunya “Hapus sistem kerja kontrak outsuorching”.
Aksi ribuan buruh ini dilakukan dalam rangka memperingati hari Buruh se Dunia atau May Day yang jatuh pada 1 Mei. Usai demo di Gedung DPRD Jatim, buruh dari berbagai daerah itu bergeser ke Kantor Gubernur Jatim di jalan Pahlawan.

Tak pelak, sepanjang jalan Pahlawan macet. Kendaraan berjalan merambat karena jalan dipadati buruh. Jalan bertambah macet dengan kedatangan ribuan buruh dari Sidoarjo, Pasuruan dan Mojokerto.

Mereka datang dengan naik bus, truk dan sepeda motor. Tiba di depan Kantor Gubernur Jatim, mereka menggelar orasi di depan Kantor Gubernur Jatim, disiapkan panggung hiburan. (Bmw)

JOIN THE DISCUSSION