Masyarakat Diharapkan Sadar Dan Taat Hukum

Surabaya (portaltiga.com) – Dengan adanya penyeluhan hukum serentak oleh menteri Hukum dan hak asasi Manusia (Menkumham) di seluruh Indonesia dan Kepala kantor Wilayah (Kemenkumham) Jatim kepada masyarakat di Jatim diharapkan masyarakat bisa sadar kepada Hukum yang berlaku.

“Kami minta mulai sekarang mari kita bersikap dan taat pada Hukum serta jadikan Hukum sebagai panglima untuk menegakkan keadilan ditengah – tengah masyarakat,”ujar Kepala Kemenkumham Jatim, Budi Sulaksana ditemui usai sosialisasi penyeluhan hukum serantak dan teleconference dengan Wapres Jusuf Kalla, dan Menkumham di Kanwil Kumham Jatim, Kamis (28/1/2016)

Dikatakannya, warga masyarakat yang telah tahu dan paham hukum, harus diupayakan agar berpandangan optimis tehadap hukum. Dengan berpandangan optimis, pasti akan paham betapa besar kegunaan penyuluhan hukum bagi terwujudnya fungsi hukum.

“Setiap orang cerdas pasti mengakui bahwa penyuluhan hukum adalah alternatif yang paling rasional untuk membentuk kesadaran hukum masyarakat. Dengan kondisi masyarakat yang cerdas hukum, bangsa Indonesia akan memiliki kekuatan dan kesiapan untuk menghadapi MEA,”ujarnya.

Ia menambahkan untuk mendukung penyuluhan hukum kepada masyarakat di Jatim, pihaknya telah menyiapkan mobil sadar hukum untuk disebarkan ditempat umum seperti taman, terminal. “Dengan adanya mobil sadar hukum ini masyarakat benar – benar taat dan patuh pada hukum,’ujarnya.

Sementara itu, Perwakilan staf khusus Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Ham), Fajar Lase mengatakan program sadar hukum kepada masyarakat ini merupakan komitmen pemerintah dalam mewujudkan hukum yang bersih dan adil ditengah masyarakat. “Dengan adanya program sadar hukum diharapkan pelanggaran yang terjadi ditengah – tengah masyarakat semakin kecil dan berkurang,”ujarnya.

Guna mendukung program ini bisa berjalan berkelanjutan pihaknya meminta kepada Kemenkumham Jatim terutama divisi Hukum agar melakukan sosialisasi dan bekerjasama dengan sekolah – sekolah terkait masalah hukum, sehingga masyarakat benar – benar akan melek hukum atau sadar Hukum. (nik)

JOIN THE DISCUSSION