MAPAN Dirikan Posko Program Perhutanan Sosial di Desa-Desa

Portaltiga.com – Calon Wakil Gubernur Jatim nomor urut 2, Puti Guntur Soekarno berkomitmen memperjuangkan Program Perhutanan Sosial bagi masyarakat. Bahkan untuk mengawal Program Perhutanan Sosial yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), telah didirikan posko-posko Gerakan Masyarakat Untuk Perhutanan Sosial (Gema PS) di desa-desa.

“Setelah ada komitmen bersama dengan mbak Puti, kita terus melakukan sosialisasi dan akan membangun posko-posko perhutanan sosial di desa-desa Lingkar Wilis,” kata Dewan Pimpinan Daerah Masyarakat Peduli Pangan (MAPAN) Jatim, Purwadi, Rabu (13/6/2018).

Menurutnya, posko yang dibentuk bukan sekedar posko pemenangan saja. Lebih dari itu tempat bagi masyarakat di sekitar hutan untuk bisa berkonsultasi dan berkomunikasi tentang pemahaman perhutanan sosial dan cara pemberkasan izin.

“Bila program ini terselenggara, maka lebih dari 20 ribu keluarga di Jatim bisa mengakses lahan yang nantinya memberikan akan manfaat ekonomi, sosial dan ekologi,” paparnya.

Keberpihakan Puti dalam Perhutanan Sosial mendapatkan apresiasi dari Kelompok Tani Hutan (KTH) di sekitar wilayah lingkar pegunungan Wilis selatan Nganjuk. Sebab,  hingga saat ini belum ada peserta Pilgub lainnya mendukung penuh Perhutanan Sosial yang merupakan salah satu kebijakan Presiden Jokowi.

“Kami senang, Puti Guntur berkomitmen mengawal perhutanan sosial di tempat kami. Walaupun saat ini kita baru mulai dalam proses pemberkasan IPHPS” Ujar Ketua KTH Desa Ngetos, Imam Sujari.

Ketua KTH Desa Sidorejo, Sami’Un Anas berharap kepada MAPAN Jatim untuk mensosialiasikan perhutanan sosial tidak hanya di wilayah ini, tapi juga berlanjut di desa-desa lain di Lingkar Wilis Wilayah Utara Nganjuk.

Perhutanan Sosial merupakan program yang dicanangkan Jokowi sejak 2017 melalui Peratutan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI No: P. P.39/MENLHK/SETJEN/KUM.1/6/2017 tentang Perhutanan Sosial di Wilayah Kerja Perhutani. (bmw/tea)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION