Mantan Ketua Komisi E Apresiasi Gelar Doktor HC Pakde Karwo

Portaltiga.com – Mantan Ketua Komisi E DPRD Jatim dr Agung Mulyono mengapreasi atas Gelar Doktor Honoris Causa bidang pendidikan vokasi yang diterima Gubernur Jatim Soekarwo. Diakuinya, Gubernur Soekarwo sangat layak menerima gelar tersebut karena perhatian di dunia pendidikan Jawa Timur betul-betul nyata.

Agung Mulyono mengatakan, dirinya masih ingat sekali ketika awal-awal rancangan pendidikan vokasi sebagai implementasi dari Raperda No 9/2014 tentang Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan di Jawa Timur.

“Sejak saat itu saat kita di Komisi E sering sekali membahas bersama jajaran Diknas Jatim tentang pentingnya pendidikan vokasi untuk generasi muda menghadapi tantangan teknologi yang terus up to date,” ujar anggota Fraksi Partai Demokrat DPRD, Agung Mulyono, Jumat (28/12/2018).

Untuk itu, pria yang akrab disapa Pak Dokter ini mengatakan, sebagai bagian yang pernah terlibat langsung dalam proses pembenahan pendidikan di Jawa Timur, Agung merasa cukup yakin dengan diterimanya Gelar Doktor HC bidang pendidikan Vokasi dari UM Malang itu, dapat memacu seluruh stake holder dan instansi terkait di seluruh Jawa Timur bahkan nasional bersama-sama menerapkan sistem pendidikan vokasi semaksimal mungkin.

Sistem Pendidikan vokasi ini penting untuk terciptanya kebijakan moratorium pendirian SMA yang berdaya saing. Juga moratorium bidang kompetensi yang tidak sesuai dengan kebutuhan, misalnya perkantoran, akuntansi, dan teknik sepeda motor.

“Tantangan zaman di era revolusi industri 4.0 harus dihadapi dengan bekal kemampuan siswa sekolah yang berjiwa enterpreneur dan kaya inovasi,” pungkas Caleg DPRD Jatim dari Dapil IV Banyuwangi, Bondowoso dan Situbondo ini.

Seperti diberitakan sebelumnya, Gubernur Jawa Timur, Dr. H. Soekarwo meraih gelar Doktor Honoris Causa/HC bidang pendidikan vokasi kerakyatan dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Penganugerahan gelar Doktor HC ini diserahkan oleh Rektor UMM Dr. H. Fauzan, M.Pd dalam Sidang Terbuka Senat di Dome UMM Tlogomas Malang, Kamis (27/12/2018). (abd/ab)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION