portaltiga.com
Umum

Manfaatkan Lahan TNI, Jawa Timur Bangun Peternakan sapi

Gubernur Jatim Soekarwo

 

portaltiga.com:Gubernur Jatim Soekarwo mengusulkan penggunaan lahan-lahan kosong milik TNI untuk peternakan sapi. Lahan kosong itu antara lain di Grati, Pasuruan milik TNI Angkatan Laut.

“Di Grati, Pasuruan itu kan lahannya TNI Angkatan Laut besar dan kosong. Coba kalau digunakan untuk budidaya sapi, pasti bisa nampung ribuan sapi,” kata Soekarwo ketika menjadi pembicara dalam seminar bertajuk Restorasi Kebijakan Ekonomi di Hotel Bumi, Surabaya, Kamis (28/1).

Seminar bertajuk Kebijakan Ekonomi dihadiri Ketua Umum DPP Partai Nasional Demokrat (NasDem), beberapa bupati/walikota di Jatim dan pejabat lainnya. Seminar ini digelar Pemprov Jatim bekerjasama dengan Media Reserarch Center milik Surya Paloh ini.

“Mumpung disini ada Pak Surya Paloh. Sebagai Dewan Syuronya Pak Jokowi, saya berharap usulan ini bisa disampaikan ke Panglima TNI,” ujar Gubernur yang akrab dipanggil Pakde Karwo.

Dengan menggunakan lahan-lahan kosong milik TNI, Pakde Karwo optimis kekurangan daging yang selama ini selalu terjadi di Indonesia bisa segera ditutupi. Setiap tahun, Jatim sebenarnya surplus daging sapi. Namun, surplus dari Jatim tetap belum mampu untuk memenuhi total kebutuhan daging di Indonesia.

Saat ini, populasi ternak sapi potong di Jatim mencapai 4.071 ribu ekor, atau setara dengan 27,69 persen populasi nasional yang mencapai 14.703 ribu ekor. Begitu juga produksi daging sapi, tiap tahunnya mencapai 119.463 ton atau setara dengan 22,12 persen stok daging secara nasional sebanyak 539.965 ton.

Tak hanya sapi potong, bahkan untuk sapi perah, Jatim saat ini memiliki populasi 238 ribu ekor atau mencapai 49 persen dari total populasi sapi perah nasional sebanyak 483 ribu ekor. “Susu dari Jatim itu menguasai 53 persen produksi susu secara nasional,” tandasnya.

Sebenarnya, para petani di Jatim mampu meningkatkan produksi. Namun, keterbatasan lahan menjadikan mereka saat ini belum bisa mengembangkan populasi secara maksimal.

Penggunaan lahan kosong milik TNI bisa dilakukan dengan cara sewa pakai dan melibatkan swasta serta pemerintah. “Di Grati itu kalau saya hitung bisa menampung 1 juta sapi, ini kan luar biasa,” ucapnya.

Menanggapi usulan ini, Surya Paloh berjanji segera menyampaikan keinginan Pemprov Jatim ke Panglima TNI. “Tadi Pak Surya langsung mengagendakan agar bisa bertemu panglima TNI,” ungkapnya. (Bmw)