Malang Diguncang Gempa, Wagub Jatim Pantau Gempa Malang

 

Portaltiga.com: Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf menunggu laporan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat terkait gempa bumi berkekuatan 5,2 Skala Richter di Malang, Rabu (2/3).

“Kami terus berkoordinasi dengan BPBD dan berharap tidak ada kerugian berarti di wilayah yang terjadi gempa,” katanya kepada wartawan di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Rabu (2/3).

Saat ini, BPBD Jatim dan Malang masih memantau sekaligus mendata daerah-daerah yang terkena gempa bumi, termasuk mencari tahu adanya korban. “Semoga tidak ada korban jiwa pada kejadian kali ini,” harapnya.

Hasil konfirmasi sementara ke wilayah yang merasakan getaran gempa, hingga saat ini belum ada laporan kerusakan dan dilaporkan getaran terjadi selama 5-7 detik. “Kami imbau masyarakat tetap waspada dan mematuhi apa yang dianjurkan oleh petugas BPBD di lapangan,” ucap Gus Ipul, sapaan akrabnya.

Menurutnya, sejumah wilayah di Jatim memang menjadi lokasi rawan gempa. Khususnya daerah yang sejajar dengan laut selatan Pulau Jawa, mulai Pacitan hingga Banyuwangi. Gempa bumi merupakan bencana yang tidak dapat diprediksi karena bisa terjadi suatu saat.

Lokasi itulah, yang membuat warga harus mengantisipasi, salah satu caranya dengan tidak lagi membangun rumah menggunakan bahan-bahan yang berat, khususnya atap. “Beda dengan bencana gunung meletus, tsunami dan lainnya yang sudah terdapat alat sebagai pendeteksi bencana,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penggulangan Bencana Sutopo Purwo Nugroho melalui keterangan tertulisnya menyampaikan pusat gempa ada di laut pada kedalaman 19 kilometer, di 81 kilometer barat daya Kabupaten Malang Jatim.

Tidak hanya di sekitar pantai selatan Malang yang sempat merasakan guncangan, namun gempa juga dirasakan masyarakat hingga Bantul dan Yogyakarta. Gempa di Malang sempat membuat masyarakat berhamburan keluar akibat gempa bumi yang terjadi pukul 13.09 WIB tersebut.

Guncangan gempa dirasakan dengan intensitas IV MMI di Karangkates, III MMI di Blitar, II-III MMI di Yogyakarta, II-III MMI di Nganjuk, II MMI di Lumajang, III MMI di Tulungagung, II MMI di Trenggalek, II-III di Bantul dan III-IV di Malang. (Bmw)

JOIN THE DISCUSSION