Made In Madiun, PT KAI Akan Punya Kereta Mirip Shinkansen Jepang

Portaltiga.com – PT Kereta Api Indonesia atau KAI (Persero) akan memiliki rangkaian kereta atau trainset model baru buatan dalam negeri. Untuk itu, PT KAI menggandeng PT Industri Kereta Api (INKA) yang nantinya akan mengerjakan proyek tersebut. Bentuk kereta ini nantinya bakal berbeda dengan jenis kereta Sebelumnya.

Direktur Utama KAI Edi Sukmoro mengatakan kereta yang dipesan memiliki desain yang aerodinamis, mirip dengan Shinkansen milik Jepang. Nantinya, kereta tersebut bakal memiliki hidung atau moncong seperti pesawat.

Maka untuk mendesain model kereta tersebut, Edi mengatakan pihaknya juga telah meminta bantuan kepada PT Dirgantara Indonesia (PTDI) untuk berkolaborasi dengan INKA.

“Saya telpon ke PTDI, tolong bantu INKA tolong buat hidungnya kereta api seperti pesawat terbang. Jadi itu nanti buatan dalam negeri,” kata Edi beberapa waktu lalu seperti ditulis, Jumat (20/4/2018).

Edi mengatakan bahwa perbedaan Shinkansen Made in Madiun yang dipesannya dengan yang di Jepang ialah dari ukuran panjang kereta. Untuk yang Shinkansen Made in Madiun sendiri nanti diperkirakan memiliki ukuran lebih pendek.

“Kalau Shinkansen itu panjangnya sampai 12 meter. Nanti ini (Made in Madiun) mulai 6 meter. Pokoknya kaya Shinkansen tapi tidak sepanjang itu lah,” ujarnya.

KAI pun telah memesan sebanyak 10 unit kepada INKA. Nantinya, 10 trainset tersebut dapat digunakan untuk perjalanan jarak menengah dan jauh.

“Yang aerodinamis saya sudah pesan 10 trainset, itu saya coba. itu saya pesan 10 dari INKA,” kata Edi. (dtc/tea)

About the author

Related

JOIN THE DISCUSSION