Lima Tips Meningkatkan Fokus Dalam Bekerja

Portaltiga.com – dalam dunia kerja, setiap manusia pekerja akan dituntut untuk selalu fokus dalam menghadapi apa yang sedang dikerjakannya. Namun, terkadang banyak pekerjaan yang menumpuk dan bukan merupakan job deskripsi kita akan ditanggungkan ke diri kita.

Dengan adanya hal itu, maka pikiran akan semakin terpecah. Menurut The Ladders, dalam penelitian yang dilakukan terhadap para murid, menghasilkan kesimpulan murid hanya bisa fokus dalam tiga sampai lima menit sebelum mereka mengintrupsi sendiri kegiatan belajar mereka dengan hal lain. Hal yang sama juga akan berlaku dalam karier.

Dilansir dari The Ladders, agar pikiran bisa tetap fokus saat bekerja, berikut lima tips agar pikiran tetap fokus ketika melaksanakan tugas

1. Berhenti Multitasking

Ada orang yang suka melakukan multitasking, padahal melakukan itu justru mengurangi akurasi dalam kedua tugas itu dan malah menunda penyelesaiannya.

Mungkin ada yang mengaku dirinya jago multitasking, ternyata menurut buku The Distracted Mind: Ancient Brains in a High-Tech World, ditemukan oran yang mengira dirinya jago multitasking justru terbukti sebaliknya.

Orang yang merasa jago multitasking, belum tentu betul-betul efisien saat melakukannya. Jadi, meskipun ada hasrat emosional ingin melakukan multitasking, ketahuilan bahwa otak kita tidak bisa fokus dengan semua itu.

2. Olahraga

Menguatkan tubuh berarti menguatkan otak juga. Setelah olahraga, kemampuan kognitif juga terukur lebih baik. Hal ini turut berlaku pada anak-anak.

Mengjaga kesehatan fisik untuk otak tidak hanya dapat dilakukan lewat olahraga, jangan lupa untuk tidur. Meskipun kamu berolahraga untuk memperkuat kontrol kognitif, sementara kurang tidur satu malam saja bisa mengurangi kemampuan itu.

3. Meditasi

Meditasi tak hanya melatih pola pernapasan, melainkan melatih fokus. Penelitian menunjukan, orang-orang yang ahli bermeditasi lebih unggul dalam mengerjakan suatu tugas ketimbang mereka yang tak melakukannya.

Di samping meningkatkan kendali kognitif, meditasi juga memperkuat perhatian, kecepatan pemahaman, dan kapasitas ingatan. Ketimbang olahraga, meditasi memang lebih sulit, dan butuh dilakukan secara bertahap. Mulai dari 1 menit sehari, lalu menuju 20 menit per hari.

4. Lihat Foto Pemandangan Alam

Berjalan-jalan menikmati pepohonan bisa meningkatkan performa ingatan secara signifikan. Lalu bagaimana bila bekerja di tengah kota yang jarang memiliki taman besar?

Solusinya sangat mudah. Cukup lihat saja gambar-gambar pepohonan di Google. Jadi, jika kamu sudah tidak fokus lagi di kantor, langsung cari gambar alam dan pepohonan di internet. Efeknya pada pikiran pun sama dengan berjalan-jalan di alam.

5. Singkirkan Pengalih Perhatian

Mematikan koneksi internet ponsel ternyata tidak cukup untuk mempertajam fokus pada tugas. Menurut eksperimen, kehadiran ponsel pun bisa mengalihkan fokus, walaupun ponsel tersebut dalam mode silent.

Mengurangi pengecekan ponsel tidak hanya membuat tambah fokus, tetapi juga mengurangi stres dan memberikan keadaan psikologis dan fisik yang lebih baik. (lnc/tea)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION