Lima Kebiasaan Ini Bisa Buat Anda Terbebas Dari Utang Tanpa Sadar

Portaltiga.com – Memiliki kehidupan yang berkecukupan memang menjadi kebahagiaan bagi banyak orang. Namun untuk memperoleh hal itu, kita kadang lupa untuk menabung karena banyak pengeluaran yang tanpa kita sadari berdampak pada keuangan kita hingga menyebabkan kita memiliki hutang.

Berikut ini beberapa hal yang dapat meringankan hutang kita tanpa kita sadari:

1. Sering Makan di Luar

Baik disadari atau tidak, kebiasaan untuk sering makan di luar sudah pasti akan menguras kantong Anda. Mengubahnya dengan kebiasaan yang baik merupakan kewajiban yang perlu Anda siasati agar tak terlibat dengan utang.

Daripada banyak menghabiskan waktu untuk makan di kafe ataupun restoran, mengapa tidak mencoba untuk sesekali membawa bekal buatan sendiri ke kantor? Dengan ini, pengeluaran Anda bisa ditekan secara bertahap. Bijaklah menentukan kapan Anda sebaiknya makan di luar dan kapan harus makan di rumah. Ini akan membantu Anda dalam mengelola pendapatan serta pengeluaran secara sadar dan juga hati-hati.

2. Sering Cek Sosial Media

Dengan banyaknya platform media sosial kini, kesempatan bagi Anda untuk secara konsisten melihat hidup orang lain menjadi semakin terbuka lebar. Padahal, semakin sering Anda mengecek sosial media, Anda akan mendapati diri Anda dalam situasi ketagihan.

Kecanduan ini perlu Anda benahi karena tanpa henti melihat sosial media juga berpengaruh buruk pada Anda. Selain menghabiskan alokasi paket data Anda pribadi, Anda juga akan terjebak dengan membandingkan kehidupan Anda dengan orang-orang lain di luar sana.

3. Membantah

Berhentilah untuk membantah pada apa yang Anda keluarkan, pada apa yang Anda habiskan. Dengan bertindak secara sadar dan penuh perhatian pada pengeluaran Anda, Anda bisa membatasi mana yang baik ataupun yang buruk bagi keuangan yang Anda miliki pada saat ini. Untuk itu, perhatikanlah apa yang menjadi kebutuhan serta keinginan Anda secara jelas.

4. Memiliki Pendapatan Lain

Cara lain agar Anda kemudian bisa terbebas dari utang ialah dengan memiliki sumber pendapatan lain diluar pekerjaan utama Anda. Dengan ini, Anda melatih diri sendiri untuk berjaga-jaga pada siatuasi yang tak terduga sekaligus itung-itung investasi pada kebetuhan mendesak.

5. Anda Membenci Pekerjaan Anda

Bagaimana mungkin Anda bisa meningkatkan penghasilan Anda jika Anda sendiri membenci pekerjaan Anda? Padahal, dengan melakukan hal yang Anda senangi, secara tidak langsung berdampak pada performa Anda.

Tanpa mencintai pada apa yang Anda lakukan sekarang, untuk meningkatkan performa apalagi penghasilan merupakan barang mustahil untuk dicapai. Jika Anda ingin benar-benar terbebas dari hutang, mulailah kini dengan suatu hal yang Anda nikmati untuk kerjakan. (lnc/tea)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION