Lemang, Kuliner Khas Sumatera saat Hari Raya

Portaltiga.com – Anda pasti pernah mendengar Lemang, masakan tradisional Indonesia yang dapat ditemui di beberapa tempat di Sumatera dan Kalimantan ini dikenal pulen dan gurih. Lemang adalah penganan dari beras ketan yang dimasak dalam seruas bambu, setelah sebelumnya digulung dengan selembar daun pisang.

Pada bulan Ramadhan seperti ini hampir di beberapa tempat di daerah Sumatera kita dapat menemui makanan ini. Biasanya Lemang dijajakan di pasar l-pasar yang menjual takjil di bulan Ramadhan karena sudah menjadi tradisi untuk mengkonsumsi Lemang pada saat berbuka.

Bagi beberapa masyarakat Sumatera ada beberapa cara mengkonsumsi Lemang, ada yang dinikmati sembari ngopi, ada juga yang menikmati lemang dicampur Tempoyak dan Gulai Patin.

Bagi Badrun dan keluarga yang merupakan warga Jambi, menyantap Lemang sudah menjadi tradisi keluarga, di tiap bulan Ramadhan dan beberapa hari besar Islam seperti hari raya Idul Fitri dan Idul Adha keluarganya selalu membuat Lemang untuk di santap bersama.

“Beginilah biasanya tradisi di keluarga kami bang, Lemang selalu ada di menu utama keluarga kami di bulan Ramadhan dan hari-hari besar islam. Biasanya kalau saya makan Lemang sambil ngopi dan bercengkrama berasama keluarga. Kadang kami menyantapnya dengan Rendang, Opor dan makanan berat lainnya” terang Badrun. (doy/abi)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION