Lebaran 2016, Pegawai Dishub dan DLLAJ Jatim Dilarang Libur

Portaltiga.com: Seluruh pegawai Dinas Perhubungan dan Lalu Lintas Angkutan Jalan (Dishub dan LLAJ) Jatim dan Dishub Kabupaten/Kota, untuk libur dan cuti selama Lebaran 2016. Kebijakan ini dikeluarkan guna memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat yang akan mudik maupun balik Lebaran tahun ini.

Larangan tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Jatim Akhmad Sukardi kepada wartawan usai memimpin Apel Siaga dan Gelar Pasukan Pelayanan Angkutan Lebaran Terpadu Tahun 2016 Jatim, di depan Kantor Dishub dan LLAJ Provinsi Jatim, Rabu (22/6).

“Dengan dilaksanakannya apel bersama ini menjadi bukti bahwa petugas Dishub provinsi maupun kabupaten/kota sudah sangat siap menyambut Lebaran 2016. Seluruh jajaran dishub juga diimbau untuk tidak cuti selama musim Lebaran,” ujarnya.

Dengan tidak liburnya pegawai Dishub ini, Sukardi meminta seluruh jajaran Dishub yang bertugas di lapangan untuk ikhlas bekerja. Sebab, ini adalah bentuk pengabdian yang luar biasa.

“Karena disaat orang lain sedang bersilaturrahmi petugas dishub harus mengatur arus lalu lintas agar tidak macet dan semprawut. Ini adalah perjuangan yang luar biasa, makanya harus dilaksanakan dengan ikhlas,” tuturnya.

Selain itu, Sukardi juga meminta, jajaran Dishub yang bertugas di terminal untuk bersikap tegas mengeluarkan kendaraan keluar terminal, bila ditemukan kondisi kendaraan tidak laik jalan. Seperti ban vulkanisiran, ban gundul, kaca depan retak, tidak ada speedometer, serta handrem tidak berfungsi baik.

“Kepada pengusaha otobus agar menyiapkan armada yang laik jalan dan pengemudi yang sehat. Serta menempelkan tarif resmi pada bus baik ekonomi maupun non ekonomi. Kita berharap tidak ada kecelakaan yang melibatkan angkutan umum,” katanya.

Menurut dia, apel gelar pasukan yang digelar ini bukan merupakan kegiatan seremonial. Kegiatan ini merupakan bentuk kesiapan Dishub yang harus dipertanggungjawabkan kepada masyarakat. Sehingga insan perhubungan harus sungguh-sungguh dalam penyelenggaraan angkutan lebaran tahun ini.

“Saya berharap seluruh petugas perhubungan yang ada di lapangan yang merupakan ujung tombak agar dalam melaksanakan tugas dapat bersikap profesional, responsif serta peka terhadap permasalahan-permasalahan perhubungan yang terjadi di lapangan,” paparnya. (Bmw)

JOIN THE DISCUSSION