Lantik Komisioner Kabupaten/Kota Se Jatim, Ini Pesan Ketua KPU RI

Portaltiga.com – KPU Republik Indonesia (KPU RI) melantik komisioner KPU Kabupaten/Kota se Jatim terpilih untuk masa bakti 2019-2024. Bertempat di Hotel JW Marriott Jalan Embong Malang Surabaya, ratusan komisioner terpilih disumpah dan diberikan pembekalan tentang tugas dan kewajibannya dalam menjalankan tugas selama lima tahun kedepan.

Ketua KPU RI, Arief Budiman menjelaskan, dengan dilantiknya Komisioner baru ini, KPU RI menginginkan seluruh KPU Kabupaten/kota untuk membentuk kultur kerja yang transparan, berintegritas, dan berkualitas.

“Kalau dia bekerja dengan transparan, berintegritas maka kualitas KPU akan baik,”Jelasnya usai melantik Komisioner Kabupaten/Kota, Kamis (13/6/2019).

Ia juga menjelaskan KPU adalah lembaga yang bersifar kolektif kolegial dimana keputusan yang diambil adalah berdasarkan cara kerja secara bersama dalam rapat pleno. Hal inilah yang membedakan lembaga KPU dengan lembaga yang lain dan harus diterapkan kepada seluruh komisioner tingkat kabupaten/kota.

“KPU harus mengambil keputusan dalam rapat pleno. Maka kehadirannya harus memenuhi quorum, pengambilan keputusannya juga harus disepakati oleh seluruh komisioner,” tuturnya.

Menghadapi pemilihan kepala daerah serentak 19 kabupaten yang akan berlangsung pada tahun 2020 mendatang, ia berpesan agar para komisioner telah memahami tupoksinya agar pilkada berjalan dengan lancar.

“Mudah-mudahan pelantikan hari ini menjadi berkah untuk kita semua, untuk bangsa indonesia, untuk pemilu dan demokrasi kita semoga menjadi lebih baik, ” pungkasnya. (tea/tea)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION