KPU Kota Surabaya Bareng Media Siap Sukseskan Pemilu

07/12/2017
32 Views

Portaltiga.com – KPU Kota Surabaya mengadakan acara sosialisasi penyelenggaraan Pemilu tahun 2019.

Dalam acara ini KPU Kota Surabaya mengundang khusus wartawan untuk sosialisasi proses Pemilu yang sedang berlangsung mulai dari 17 Agustus kemarin.

Dalam kesempatan itu, Ketua KPU Surabaya Nur Syamsi mengajak media menjadi salah satu pilar demokrasi dalam Pemilu 2019 mendatang.

“Media memiliki posisi penting sebagai salah satu pilar demokrasi. Maka dengan media opini civil society yang menjadi pemilih dan pemilik kedaulatan bisa dibentuk sehingga perlu bagi kami untuk menyosialisasikan dengan baik tentunya dibantu oleh media,” kata Nur Syamsi, Kamis (7/12/2017).

“Semoga hari ini bisa menjadi awalan yang baik agak seluruh elemen masyarakat untuk terlibat dari awal hingga akhir. Kami secara kelembagaan merasa penting seluruh proses selain diawasi oleh Panwas juga diawasi oleh kawan-kawan wartawan sekalian,” lanjutnya.

Sebab itu, menurut dia, semakin banyak yang mengawasi maka semakin baik pula proses perjalanan Pemilu, yang merupakan pintu masuk demokratisasi 5 tahun kedepan.

Dalam kesempatan yang sama, diadakan juga diskusi tentang sosialisasi Pemilu yang menghadirkan perwakilan dari KPU Jawa Timur Choirul Anam, Koordinator Nasional JPPR (Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat) Cak Nanto, dan wartawan senior Machmud Suhermono.

Ketiga pembicara sama-sama menitikberatkan tentang keterbukaan informasi Pemilu bagi masyarakat umum. Sehingga Pemilu dapat dipantau oleh berbagai lapisan masyarakat.

Choirul Anam juga menyosialisasikan tentang Rumah Pintar Pemilu yang ada, serta web kpu.go.id dimana bisa mengakses data KPU tentang Pemilu kepada media dan mayarakat. (doy/abi)

Leave A Comment