KONI Jatim Sulit Petakan Kekuatan di Nomor Baru PON Jabar

 

Portaltiga.com : Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 Jabar, September mendatang, mempertandingkan 755 nomor dari 44 cabang olahraga (cabor). Sebanyak
183 nomor diantaranya merupakan nomor baru tambahan.

Tambahan 183 nomor baru tersebut, tak urung membuat KONI Jatim harus memutar otak agar tidak terpuruk prestasinya di PON Jabar. Pasalnya, KONI Jatim buta dengan ratusan nomor baru tersebut.

“Terus terang sampai sekarang masih gelap. Kita belum bisa petakan kekuatan daerah lain yang turun di nomor-nomor baru itu,” kata Direktur Puslatda Jatim, Dhimam Abror saat ditemui di Gedung KONI Jatim, Selasa (15/3).

Pada PON XVIII/2012 di Riau, jumlah nomor yang dipertandingkan sebanyak 550. Jumlah nomor ini, lebih sedikit dibanding nomor yang dilagakan di PON Jabar.

“Jatim ini tidak banyak menambah cabornya. Sebut saja seperti drumband, dansa dan kriket. Bayangkan dari 44 cabor nambah 180-an nomor. Ini yang membuat kita sulit melakukan pemetaan,” ujarnya.

Pihaknya menyayangkan penambahan nomor tersebut. Terlebih waktunya sangat mepet dengan pelaksanaan PON XIX yang tinggal menyisakan sekitar enam bulan lagi, sehingga entri by name cabor menjadi tertunda.

Namun dengan adanya penambahan nomor ini menjadi hal baik karena entri by name menjadi lebih panjang hingga bulan Mei. “Andai by name jadi dilaksanakan Maret hingga April hal ditakutkan jika ada pemain cedera yang sudah terdaftar tidak akan bisa diganti,” ucapnya.

Meski demikian, mantan Ketua PWI Jatim ini masih tetap optimis kontingen Jatim bisa meraih hasil yang baik. “Waktu Pra PON kemarin, Jatim bisa dapat 142 emas. Seharusnya di PON Jabar nanti bisa dapat kisaran itu juga,” ungkapnya. (Bmw)

JOIN THE DISCUSSION