Komut Bank UMKM Jatim Buka Pintu Lebar Silaturahim

Portaltiga.com – Komisaris Utama (Komut) Bank UMKM Jatim Rasiyo membuka pintu lebar kepada siapapun. Tak terkecuali pasangan nomor urut 2, Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno yang diusung PKB, PDIP, PKS dan Gerindra.

Ruang silaturahim itu dibuka lebar, setelah Rasiyo menerima kunjungan silaturrahim Khofifah yang ingin memaparkan program kerja dan visi misinya dihadapan pengurus PGRI Jatim baru-baru ini.

“Saya menemui Bu Khofifah dalam rangka silaturrahim dengan pengurus PGRI Jatim. Beliau kirim surat resmi ke PGRI Jatim. Kalau Cagub Gus Ipul ingin silaturrahim dengan PGRI Jatim, ya kami juga terima secara terbuka,” kata Rasiyo kepada wartawan di Surabaya, Kamis (1/3/2018).

Rasiyo menerima kunjungan silaturahim Khofifah bukan sebagai komisaris utama Bank UMKM Jatim. Melainkan posisinya sebagai Dewan Penasihat PGRI Jatim.

Karena itu, dia membantah dirinya telah ikut berkampanye untuk Cagub Jatim Khofifah Indar Parawansa. “PGRI tetap netral sebagai lembaga,” tegas mantan Sekdaprov Jatim ini.

Mengenai posisinya yang melekat sebagai Komisaris Utama Bank UMKM Jatim-BUMD milik pemprov dan tidak boleh berpolitik, Rasiyo mengaku tidak ada larangan untuk komisaris BUMD, melainkan hanya komisaris BUMN.

Surat Edaran Menteri BUMN Rini Soemarno nomor SE-07/MBU/10/2015 tertanggal 30 Oktober 2015 yang ditujukan kepada Direksi BUMN dan Dewan Komisaris/Dewan Pengawas BUMN telah jelas disebutkan larangan berpolitik bagi mereka.

“Itu hanya untuk komisaris BUMN. Tapi kalau untuk komisaris BUMD memang dilarang berpolitik oleh Perda Provinsi Jatim nomor 14 tahun 2012 tentang BUMD. Tapi saya kan tidak berpolitik, melainkan hanya menerima silaturrahim seperti halnya PWNU atau PW Muhammadiyah Jatim,” kilahnya.

Rasiyo sendiri akan melepas jabatan Komut Bank UMKM Jatim per 21 Maret 2018. Jabatan Rasiyo akan diisi pejabat lain lewat RUPS di tubuh Bank UMKM Jatim. “Saya sudah hampir tiga periode menjabat Komisaris Utama. Nanti akan ditunjuk orang lain menggantikan saya,” ungkapnya. (bmw/abi)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION