Komisi VI DPR RI Dorong Sinergi BUMN Perhotelan

03/05/2016
493 Views

Portaltiga.com-Komisi VI DPR RI mendorong upaya sinergi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di bidang perhotelan, hal ini guna memperkuat kinerja hotel plat merah di tengah persaingan bisnis hotel, terutama di Surabaya.

Anggota Komisi VI DPR RI, Bambang Haryo, mengatakan, pangsa pasar hotel milik BUMN yang tahun 2015 lalu bisa mencapai 15-20 persen, di triwulan ke 1/2016 turun drastis menjadi tiga persen. Indikator ini jelas kinerja hotel milik BUMN menurun drastis. Untuk meningkatkan kinerja sehingga profit hotel milik BUMN, Komisi VI mendorong adanya sinergi BUMN untuk mendongkrak pangsa pasar bisnis perhotelan milik BUMN.

“Saya minta kepada GM hotel agar melakukan pembenahan terhadap layanan hotel, termasuk Hotel Inna Simpang Surabaya ini, agar market share hotel bisa di pertahankan 15-20 persen, bahkan tumbuh lebih tinggi lagi ditengah persaingan hotel di Surabaya.”ujarnya, kepada wartawan, di sela sidak ke Hotel Inna Simpang-Surabaya, Senin (02/05/16).

Ia menjelaskan, sinergi BUMN di jaman saat ini sangat mendesak dilakukan untuk memperkuat lini bisnis BUMN, terutama BUMN dibidang perhotelan. Dengan sinergi ini, seharusnya seluruh BUMN bisa menggunakan fasilitas yang dimiliki BUMN termasuk hotel, dimana jika mulai dari top manager hingga direktur BUMN menginap di hotel milik BUMN, maka okupansi hotel tentunya meningkat 60-75 persen.

“Terpenting, bagaimana pengelolaan dan pelayanan hotel harus di maksimalkan. Jangan sampai hotel bintang 4 atau 5 misalnya, tapi layanannya hotel bintang 3 ini kan tidak bagus. Oleh karena itu kami minta kepada GM Hotel Inna Simpang Surabaya, harus meningkatkan layanan kepada seluruh tamu agar okupansi hotel tetap tumbuh.”kata Bambang Haryo.

Sementara itu, GM Hotel Inna Simpang-Surabaya, Maryanto, menjelaskan, saat ini okupansi hotel relatif standar di angka 51 persen. Dengan angka ini tentunya untuk mencari profit yang lebih tinggi lagi masih jauh dari harapan.

“Untuk itu dengan kunjungan anggota Komisi VI DPR RI ini ke hotel kami, tentunya menjadikan support di managerment kami agar lebih meningkatkan layanan kepada para tamu. Selain itu, dengan adanya sinergi BUMN ini menjadikan peluang bagi hotel untuk menggaet tamu lebih banyak lagi. Sehingga market share hotel BUMN tentunya akan kembali meningkta.”ungkapnya. (Trish)

Leave A Comment