Komisi III DPR RI Dukung Penuh Pembentukan Pansus PSSI

Jakarta:Rencana DPR RI membentuk pansus PSSI mendapat dukungan penuh dari Ketua Komisi III DPR RI Aziz Syamsuddin. Menurutnya dengan adanya pansus diharapkan bisa menjadi jalan keluar menyelesaikan masalah sepak bola di Indonesia.”Harus lewat mekanisme yang sesuai prosedur. Hak angket dulu lalu lewat sidang paripurna. Kemungkinan jalannya panjang namun harus di coba. Cocoknya dimulai dari Komisi X yang membidanginya,”jelasnya.

Aziz mengungkapkan bahwa dirinya sebenarnya memahami kerisauan dari pengurus PSSI dalam membina sepak bola nasional. “Dalam ketentuan internasional pemerintah itu tidak bisa ikut campur di sepakbola. Sepakbola itu punya statuta yang sifatnya mandiri dan tidak bisa diintervensi oleh siapapun termasuk pemerintah,”lanjut ketua komisi yang yang membidangi hukum dan HAM ini.

Sekedar diketahui, keinginan untuk membuat pansus PSSI ini semakin menguat ketika pihak pemerintah tidak menempatkan wakilnya di Komite Ad-Hoc yang dibentuk oleh FIFA.

Pemberian sanksi administratif dari pemerintah terhadap PSSI, yang disusul sanksi pembekuan PSSI oleh FIFA, membuat sepakbola Indonesia mati suri. Pembekuan tersebut sarat pelanggaran yang dilakukan antara lain hak rakyat yang dilanggar. PSSI tak salah dalam hal ini. Berdasarkan statuta FIFA, posisi hukum PSSI adalah konstitusional. Statuta FIFA ibarat undang-undang sepakbola yang tertinggi.(Three)

JOIN THE DISCUSSION