Komisi E Minta Dinkes Jatim Dirikan Posko Kesehatan Nataru

Portaltiga.com – Komisi E DPRD Jatim meminta Dinas kesehatan Pemprov Jatim mendirikan posko kesehatan di tempat tempat umum atau jalur mudik balik Natal dan tahun baru (Nataru) 2019.

Pendirian posko kesehatan ini untuk memudahkan masyarakat yang melakukan perjalanan jauh, serta mereka yang mendatangi tempat tempat keramaian seperti tempat wisata atau mal.

“Libur Natal dan tahun baru banyak orang yang ingin menggunakan momen ini, baik yang pulang kampung untuk rayakan Natal dan juga memanfaatkan liburan Nataru. Nah untuk memberikan ketenangan saat mereka menjalankan agendanya itu. Saya minta Dinas Kesehatan Pemprov Jatim mendirikan posko posko kesehatan untuk mengantisipasi jika ada pemudik atau masyarakat yang membutuhkan,” kata Wakil Ketua Komisi E DPRD Jatim Heri Sugihono, Senin (24/12/2018)

Politisi asal Golkar ini mengatakan, dengan adanya posko kesehatan masyarakat yang melakukan perjalan jauh dan tiba tiba mengalami gangguan kesehatan yang membutuhkan penanganan khusus oleh dokter atau petugas kesehatan bisa tertangani dengan cepat.

“Tol-tol di Jatim pasti dipadati oleh para pemudik Natal atau mereka yang liburan Nataru. Biasanya kan suka padat itu jalan tol trus ada kemacetan. Nah kalau di rest area ada posko kesehatan, jika masyarakat membutuhkan pertolongan kan bisa segera dilakukan tindakan untuk menolong mereka,” kata politisi yang kembali maju lewat dapil Jombang-Mojokerto ini.

Begitu juga dengan pusat keramaian baik saat malam Natal, malam tahun baru hingga tahun baru. “Saya berharap setiap posko kesehatan bisa terkoneksi dengan Ruman sakit terdekat. Sehingga jika butuh pertolongan yang lebih spesifik bisa segera di bawa ke rumah sakit terdekat,” lanjut dia.

Ditegaskan, di setiap posko juga sebaiknya disiapkan mobil untuk berjaga jaga jika dibutuhkan. “Tapi saya yakin Dinkes paham apa saja yang dibutuhkan untuk posko tersebut. Saya berharap perayaan Natal dan Tahun Baru kali ini, bisa berjalan baik dan aman, ” pungkas penggemar burung berkicau ini. (ars/abi)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION