Komisi A: Calon Lurah Di Surabaya Harus Jalani Psikotes

04/01/2017
143 Views

Portaltiga.com-Komisi A DPRD Kota Surabaya meminta kepada Walikota Surabaya, Tri Rismaharini untuk melakukan seleksi tes psikotes terhadap calon Lurah yang akan menempati posisi Lurah yang saat ini masih kosong.

Wakil Ketua Komisi A DPRD Kota Surabaya, Adi Sutarwijono, mengatakan, posisi jabatan Lurah di Pemkot Surabaya masih tercatat ada 15 wilayah yang saat ini kosong. Wali Kota Surabaya berencana akan menaikkan posisi Sekretaris Kelurahan (Sekel) dengan kategori senior, untuk mengisinya.

“Yang mengatakan bahwa pengisian jabatan Lurah sudah seharusnya ditingkatkan kualitas SDM nya, salah satu caranya calon Lurah harus melakukan tes psikotes agar bisa menghasilkan Lurah yang kredibel dan kapabel. Namun, untuk melakuka tes psikotes tersebut Pemkot Surabaya bisa melalui Badan Kepegawaian Daerah Kota Surabaya, masak harus Walikota ya kan ada bagiannya.”ujarnya, kepada wartawan di gedung dewan, Rabu (04/01/17).

Ia menjelaskan, kalau ada kalimat otomatis, itu jaman dulu, saat ini tidak boleh lagi, calon Lurah harus mengikuti psikotes terlebih dahulu, dengan demikian akan didapatkan SDM yang benar-benar layak dan mumpuni.

Menurutnya, banyak syarat yang harus dipenuhi dan dijadikan materi dalam pelaksanaan psikotes, yang antara lain soal kemampuan leadership dan komunikasi. “Demikian juga dengan kategori senior, itu paling tidak adalah Sekel yang telah bekerja minimlah 2-3 tahun, sehingga memahami tugas dan fungsinya,”ungkapnya. (Trish)

Leave A Comment