Khusyuk Beribadah di Masjid Attawwabun TP 2 Surabaya

Portaltiga.com – Sebuah masjid berdiri megah di dalam pusat perbelanjaan atau Mall, jarang ditemui di Surabaya. Umumnya, mall-mall di kota Pahlawan cuma memiliki musholla kecil yang dipakai karyawan atau pengunjungnya untuk beribadah sholat lima waktu.

Tetapi, tidak dengan Tunjungan Plasa (TP). Salah satu pusat perbelanjaan megah di Surabaya itu, dilengkapi dengan Masjid yang nyaman dipakai untuk beribadah. Tepatnya di TP 2 lantai tiga. Nama masjid itu, Attawwabun.

Rasa nyaman masjid Attawwabun sudah terlihat di pintu masuk. Ada resepsionis dengan petugasnya yang cantik dan ramah. Jamaah bisa menitipkan barang apapun, seperti sepatu, sandal dan tas di resepsionis.

Tempat wudhu juga nyaman. Ada tempat duduk bagi jamaah yang antri untuk berwudhu. Di dalam ruang sholat lebih nyaman lagi. Selain luas, dilengkapi dengan pendingin ruangan atau AC.

Kenyaman masjid ini dirasakan oleh Wakil Gubernur Jawa Timur (Jatim) Saifullah Yusuf saat menunaikan sholat Jumat. Gus Ipul, sapaan akrabnya, berbaur dengan ratusan jamaah terlihat khusyuk menjalankan sholat.

“Kenyamanan masjid itu menjadi faktor kekhusyukan saat beribadah. Sehingga, kalau nyaman maka lebih khusyuk ibadahnya,” ujarnya ketika ditemui usai shalat Jumat di Musholla Attawwabun TP 2, Surabaya, Jumat (25/8).

Gus Ipul pun menginginkan adanya masjid-masjid yang nyaman di mall untuk memberi kesempatan pekerja dan pengunjung beribadah dengan khusyuk. Apalagi, mall di Indonesia, khususnya Jatim, masih tidak banyak yang menyediakan masjid atau tempat ibadah representatif.

“Biasanya lokasi mallnya di tempat tersembunyi, tempat parkir, hawanya gerah. Ini membuat kita beribadah semakin tidak nyaman karena kepikiran lain-lain,” ucapnya.

Bahkan, Gus Ipul mengusulkan ada pusat perbelanjaan yang menempatkan tempat ibadah di dekat pintu masuk sehingga diketahui banyak orang. “Insya Allah mall-mall akan semakin banyak dikunjungi dengan adanya tempat ibadah di pintu masuk. Mungkin pengelola dan manajemen mall bisa mempertimbangkannya,” tuturnya.

Ketua PBNU itu berterima kasih kepada pengelola Tunjungan Plaza karena menyediakan tempat ibadah yang nyaman di dalamnya dan diharapkan menjadi inspirasi bagi manajamen mall lainnya. “Ini bisa jadi inspirasi pemilik mall-mall lain,” sergahnya. (bmw/abi)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION