portaltiga.com
Headline Umum

Ketik “Otak Udang Naik Motor” di Google, Muncul Gambar Jokowi

Portaltiga.com – Ada yang aneh dengan algoritma mesin digital yang dikelola Google. Saat diketik “Otak Udang Naik Motor” di kolom pencarian, hasil yang muncul adalah sejumlah gambar atau foto Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) naik motor.

Ada yang menyebut fenomena itu terjadi sejak Februari 2019 lalu, hingga kini (saat berita ini dibuat) Portaltiga.com mencoba menulis “Otak Udang Naik Motor” lalu tekan enter, masih terlihat foto Jokowi naik motor.

Dilansir Voi, Senin (8/11/2021), Roy Suryo, pakar telematika sekaligus pegiat media sosial, mengatakan bahwa pencarian ini otomatis muncul lantaran banyaknya orang yang mengetikkan keyword tersebut sebagai masukan untuk mencari sebuah gambar.

“Memang itulah kelebihan sekaligus kelemahan algoritma search engine. Dia akan mencari dan menemukan kalimat atau kata apa berdasarkan keyword yang paling banyak diketikkan,” ujar Roy.

Baca Juga: Jokowi Prediksi Pekerjaan Ini Punah Tergantikan Teknologi

Namun kata Roy, pihak Istana Kepresidenan RI yang sudah mengetahui hal itu akan mengambil sikap untuk menghilangkan hasil pencarian keyword tersebut.

Roy meyakini, bahwa tim pemerintah sering membuat trending-trending topik tandingan yang biasanya muncul ketika ada trending topik asli tentang kondisi sebenarnya yang terjadi.

“Saya yakin istana pasti sudah memerintahkan “tindakan apapun” untuk menghilangkan itu,” tutupnya.

Saat ditanya apakah ada oknum IT yang sengaja membuat keyword tersebut, Roy bilang murni algoritma. “Tidak, bukan setting. Itu murni Algoritma teknis,” tegas Roy. (voi/abi)

Related posts

jelang Pilkada, Google Dan Berbagai Media Sosial Tanda Tangani Mou Berantas Hoax

admin

Jokowi Bagikan 5.000 Sertifikat Tanah Rakyat Jawa Timur

admin

Dua Pekan Harus Mampu Turunkan Penyebaran Corona

admin