Kementrian ESDM Bagi Tips Mengisi BBM Saat Mudik

Portaltiga.com – Jelang arus mudik lebaran 2018, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memberikan tips untuk mengisi BBM kepada para pemudik agar tidak sampai mengalami kehabisan BBM selama perjalanan.

Kementrian ESDM pun mengingatkan masyarakat yang hendak mudik, untuk mengisi bahan bakar kendaraa hingga penuh sebelum berangkat.

Hal ini untuk memastikan keterisian BBM sehingga mudik akan lebih nyaman. “Sebaiknya sebelum berangkat dipenuhi dulu tangki nya,” kata Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Dirjen Migas) Kementerian ESDM Djoko Siswanto di Jakarta, Sabtu (2/6/2018).

Djoko melanjutkan, saat di tengah perjalanan mudik sebaiknya pengisian bahan bakar juga diatur. Sebelum BBM yang di tangki kendaraan benar-benar habis, sebaiknya sebelum itu sudah diisi penuh kembali.

Cara ini untuk menghindari antrean panjang kendaraan di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), agar tidak terjadi penumpukan kendaraan yang mengisi BBM secara bersamaan, sehingga kemacetan bisa terhindari.

“Jangan nunggu abis ngantri, itu agar suplai tidak terhambat,” ujarnya.

Senada, Direktur Supply Chain, Logistik dan Infrastruktur Pertamina, Gandhi Sriwidodo melanjutkan, sebaiknya BBM diisi penuh te‎rlebih dahulu, sebelum memasuki wilayah yang berpotensi terjadi kemacetan panjang. Hal ini untuk menghindari kendaraan kehabisan BBM ditengah kemacetan.

“Sebelum memasuki wilayah ‎macet, sebaiknyajuga diisi telebih dahulu BBMnya,” tandas Gandhi. (lnc/tea)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION