KBS Masih Jadi Favorit Tempat Liburan

SURABAYA – Kendati kerap kali muncul dengan pemberitaan negatif, libur panjang Natal sampai Tahun Baru 2016, jumlah pengunjung Kebun Binatang Surabaya (KBS) tetap meningkat.

Bahkan, pada hari ini (27/12), jumlah pengunjung mencapai 30 ribu pengunjung.

“Kalau kemarin jumlahnya masih sekitar 20 ribu. Hari ini ada peningkatan. Kami prediksi, puncak jumlah pengunjung pada tahun baru nanti. Sebab, tahun kemarin bisa mencapai 52 ribu pengunjung.” ujar staf komunikasi KBS, Veronica Lano.

Dari pantauan, antrian tidak hanya di pintu loket masuk saja. Tetapi, antrian juga terjadi di setiap hiburan yang ada di dalam, seperti naik gajah, atau kereta ‘kelinci’ dan sebagainya.
Akibat membludaknya jumlah pengunjung, lokasi parkir pun tak cukup hingga harus diparkir di trotoar Jalan Setail, Surabaya.

Sayang, banyaknya roda dua yang memarkir di luar area parkir KBS, dimanfaatkan oleh petugas parkir dengan tarif mahal.

“Kalau di dalam kan parkirnya dua ribu rupiah. Nah ini kita nggak kebagian, terpaksa parkir diluar. Cuma untuk sepeda motor, parkir saja sampai 5 ribu rupiah.” keluh Rusdi, salah seorang pengunjung asal Sidoarjo.

Memang, pengunjung yang datang tidak hanya dari warga Surabaya saja. Tetapi, banyak warga dari luar kota seperti, Sidoarjo, Gresik dan Mojokerto.

Alasan dipilihnya KBS, diantaranya karena tarif tiket masuk yang cukup murah. Per orang hanya dikenakan 15 ribu rupiah.

Saking membludaknya pengunjung, manajemen KBS juga menambah personil. Hal ini dikhawatirkan banyaknya pengunjung yang memberikan sembarang makanan pada satwa.

Sebab, dengan memberikan sembarang makanan, dikhawatirkan akan membuat satwa-satwa sakit terutama di bagian pencernaan.

Diketahui, di KBS sendiri ada 2.193 satwa dan 171 Spesies. KBS juga menyediakan satwa-satwa yang bisa berinteraksi dengan manusia, seperi gajah dan jerapah. (jab)

JOIN THE DISCUSSION