Kawal Suara Gus Ipul-Puti, PKS Jatim Siapkan 11 Ribu Saksi

Portaltiga.com – DPW PKS Jawa Timur (Jatim) menyiapkan 11.000 saksi untuk mengawal suara pasangan Calon Gubernur-Wakil Gubernur Jatim nomor urut 2, Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno dalam Pilkada Jatim, 27 Juni 2018 mendatang.

“Kuota tersebut sudah merupakan kesepakatan antar partai pengusung. PKS Jatim dapat jatah 17 persen dari keseluruhan TPS. Jumlah saksi ada 11 ribu orang,” kata Ketua Umum DPW PKS Jatim, Arif Hari Setiawan di Surabaya, Kamis (31/5/2018).

Menurutnya, pihaknya ingin mengawal pilkada dengan baik dan terlaksana sesuai dengan peraturan yang berlaku. Karena itu, para saksi di lapangan itu nanti dibekali oleh pengetahuan tentang peraturan meliputi dari awal pemilih datang hingga rekapitulasi surat suara secara final.

“Kita berharap para saksi kita itu komitmen mengikuti sampai selesai. Kemudian membawa pulang bukti hasil perhitungan di masing-masing TPS,” ujarnya.

Jumlah saksi dari PKS itu, masih dibawah jumlah saksi yang disiapkan oleh PKB. Untuk mengawal suara Gus Ipul-Puti, DPW PKB Jatim menyiapkan sekitar 135 ribu orang saksi. Setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) dijaga 2 saksi.

Jumlah TPS pilkada Jatim sendiri sebanyak 67.644. “Jadi, tinggal dikalikan dua saja. Sekitar 135 ribu saksi. Kapan waktunya saksi ini bertugas, sudah kita koordinasikan dengan PDIP,” kata Ketua DPW PKB Jatim, Halim Iskandar. (bmw/abi)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION