Junaedi Berpeluang Besar Duduki Ketua DPC Partai Demokrat Surabaya

Portaltiga.com-Ketua Fraksi Demokrat DPRD Kota Surabaya, H.Junaedi berpeluang cukup besar untuk menjadi Ketua DPC Partai Demokrat Kota Surabaya. Indikasi ini terlihat dari adanya dukungan 31 PAC Demokrat se Kota Surabaya, setelah dilakukan komunikasi secara intens oleh Junaedi.

Ketua Fraksi Demokrat, Junaedi, mengatakan, semua kader memiliki peluang untuk menjadi Ketua DPC Partai Demokrat Surabaya, termasuk anggota dewan dari Partai Demokrat.

“DPP Partai Demokrat menghendaki jabatan Ketua DPC Demokrat Surabaya diduduki oleh kader partai yang saat ini menjabat sebagai anggota legislatif. Dan di DPRD Surabaya ada enam anggota legislatif dari Demokrat yaitu, Ratih Retnowati, M.Mahmud, Junaedi, Herlina Harsono Nyoto, Dini Rijanti, dan Elok Cahyani.”ujarnya, kepadawa wartawan di gedung DPRD Kota Surabaya, Kamis (12/01/17).

Ia menjelaskan, enam anggota legislatif semuanya berhak mencalonkan menjadi Ketua DPC Demokrat Surabaya, ini memang amanah dari DPP Demokrat. Jadi memang benar kalau DPP menghendaki anggota dewan di posisi Ketua DPC sehingga enam anggota DPRD Kota Surabaya saat ini mempunyai kesempatan yang sama untuk maju sebagai calon Ketua DPC di Muscab nanti.

Putra pendiri Partai Demokrat di Surabaya ini mengatakan, bahwa dirinya tidak kuasa menolak ketika disebut-sebut sebagai salah satu kandidat ketua DPC oleh PAC-PAC yang mendukungnya.

“Sebagai kader partai, saya tidak boleh menolak jika hal itu sudah menjadi kesepakatan bersama, terutama ditingkat bawah yakni PAC, namun demikian juga masih banyak kawan lainnya yang menurut saya lebih mampu,” katanya.

Junaedi mengaku, dirinya sangat siap, terutama soal persyaratan untuk menjadi ketua DPC di Surabaya, yang salah satunya harus menyediakan gedung untuk kantor partai (DPC). “Sebenarnya itu bukan persoalan yang besar, karena dengan jumlah anggota dewan yang cukup banyak, pengadaan kantor DPC itu bisa ditanggulangi dengan sistem pembiayaan tanggung renteng, namun jika hal itu tidak bisa, secara pribadi saya sangat siap untuk mengadakan kantor itu,” ungkapnya.

Awalnya, Junaedi tidak tertarik untuk menduduki posisi ketua DPC meskipun dirinya putra pendiri partai Demokrat di Surabaya. Karena adanya dorongan begitu kuat dari sejumlah PAC untuk mengembalikan kejayaan Partai Demokrat di Surabaya, maka dirinya harus menjadi ketua.

Terpisah, Renville Antonio Sekretaris DPD Partai Demokrat Jatim yang baru menginginkan agar posisi ketua DPC Surabaya diduduki oleh kader yang memiliki semangat, kapasitas dan popularitas seperti Soekarwo Ketua DPD Demokrat Jatim. “Sosok yang seperti Pak de (Soekarwo ketua DPD Demokrat jatim-red) harapan kami, Punya semangat, kapasitas, kapabilitas, popularitas,” ungkapnya.

Tetapi Renville justru menolak untuk berkomentar atas kelayakan kandidat Ratih Retnowati, Siswandi, Mahmud atau Junaedi. “Sampai sekarang belum ada yang resmi mencalonkan diri. Nanti mereka tersinggung, nggak nyalon kok dinilai,” kata Renville. (Trish)

 

 

JOIN THE DISCUSSION