Jokowi Target Akhir 2019 Seluruh Desa Teraliri Listrik

Portaltiga.com – Presiden Joko Widodo meminta Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Perusahaan Listrik Negara (PLN) dan seluruh jajajaran kementerian/lembaga terkait, bekerja keras supaya seluruh desa terlaliri listrik akhir tahun 2019.

Menurut Presiden, selain untuk keperluan industri, listrik juga sangat dibutuhkan masyarakat di perdesaan dan daerah terpencil.

Jokowi menyebut, dengan tersedianya aliran listrik, anak-anak usia sekolah bisa belajar di malam hari, dan industri rumah tangga yang ada di desa juga bisa beroperasi sampai malam hari.

Pernyataan itu disampaikan Jokowi, Senin (25/2/2019) siang, di sela peresmian Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Cilacap Ekspansi 1×660 Mega Watt (MW), di Desa Karangkandri, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Presiden berharap, beroperasinya PLTU Cilacap Ekspansi bisa memenuhi kebutuhan listrik masyarakat dan industri, mendukung pertumbuhan ekonomi, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Listrik di Pulau Jawa tidak ada masalah. Tapi, di Indonesia bagian timur, pulau dan desa terpencil, empat tahun lalu msh banyak yang belum ada listriknya. Sekarang sudah 98,2 persen listrik masuk ke rumah-rumah di daerah terpencil. Tinggal 1,8 yang belum. Janjinya Menteri ESDM, tahun ini listrik 99,9 masuk ke rumah-rumah di seluruh tanah air,” ujarnya di Cilacap.

Lebih lanjut, Presiden menegaskan Pemerintah tidak mau ketergantungan terus dengan sumber energi fosil dan batubara, yang cadangannya sudah menipis.

Maka dari itu, pemerintah sudah mulai membangun dan mengoperasikan pembangkit listrik tenaga bayu (angin), tenaga air, tenaga uap dan potensi sumber listrik lain yang ada di Indonesia.

Sebelumnya, Menteri ESDM Ignatius Jonan mengungkapkan, sampai akhir 2018, rasio elektrifikasi di Indonesia sudah mencapai 98,3 persen, dan rasio desa berlistrik mencapai 99,38 persen.

Tahun ini, target rasio elektrifikasi di seluruh wilayah Indonesia adalah 99,9 persen, sedangkan target rasio desa berlistrik mencapai 100 persen. (ssn/abi)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION