portaltiga.com
Headline Umum

Jokowi: Smelter Freeport di Gresik Serap 40 Ribu Pekerja

Portaltiga.com – Pembangunan instalasi pemurnian dan pengolahan (smelter) tambang PT Freeport Indonesia di Gresik, Jawa Timur akan menyerap puluhan ribu tenaga kerja. Bahkan, pada tahap konstruksi saja setidaknya akan menyerap 40 ribu tenaga kerja.

Hal ini dikatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat groundbreaking smelter di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Gresik, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Selasa (12/10/2021)

Jokowi mengatakan jumlah lapangan kerja yang terbuka di Jawa Timur akan semakin besar, jika pembangunan smelter telah selesai dan siap dioperasikan.

“Tadi disampaikan Pak Menteri, dalam masa konstruksi saja akan ada 40.000 tenaga kerja yang bisa bekerja. Artinya terbuka lapangan pekerjaan yang akan banyak sekali di Kabupaten Gresik dan di provinsi Jawa Timur, belum nanti kalau sudah beroperasi,” katanya, dilansir VOI.

Menurut Jokowi, pembukaan lapangan kerja dari aktivitas industri merupakan salah satu tujuan penting untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Dampak pembukaan lapangan kerja juga bisa memberikan manfaat langsung bagi masyarakat sekitar yaitu peningkatan pendapatan.

Baca Juga: Khofifah Ingin JIIPE Serap Lebih Banyak Tenaga Lokal

“Kemudian menciptakan lebih banyak lapangan pekerjaan, ini goal yang penting bagi rakyat,” jelasnya.

Jokowi mengatakan hilirisasi merupakan suatu yang harus dilakukan. Karena, hilirisasi akan meningkatkan pendapatan negara. Karena itu, Presiden Jokowi mendorong setiap industri yang bergerak di pertambangan dan minerba untuk melakukan hilirisasi.

Lebih lanjut, Jokowi mengatakan proses hilirisasi juga akan mendorong industri dalam negeri untuk lebih mandiri dan berkembang, karena tidak tergantung dengan kegiatan pengolahan tambang di negara lain.

“Dengan membangun smelter di dalam negeri maka ini akan memperkuat hilirisasi industri. Saya akan perintah satu per satu perusahaan apapun swasta maupun BUMN yang berkaitan dengan tambang Minerba untuk masuk ke dalam hilirisasi. Untuk apa Sekali lagi agar komoditas kita lebih tinggi nilainya, tidak kirim mentah,” ucapnya. (voi/abi)

Related posts

Respon Cepat DPD RI Dipuji Jokowi

admin

Ibu Kota Indonesia Pindah, Bagaimana Nasib Jakarta?

admin

Khofifah Dan Jokowi Resmikan Tol Ruas Pasuruan-Probolinggo

admin