Jokowi – Ma’ruf Ungguli Prabowo – Sandi di Jatim

Portaltiga.com – Pasangan Capres – Cawapres no urut 01Jokowi-KH Ma’ruf Amin masih unggul di Jatim sampai saat ini dibandingkan pasangan Capres – Cawapres no urut 02 Prabowo – Sandiaga Uno.

Hasil survei yang dilakukan oleh The Initiative Institute, yang dilakukan pada tanggal 10 sampai 18 Oktober 2018 kemarin di 555 desa di Jatim, dengan responden 5.500, pasangan urut no 1 elektabilitasnya mencapai 57,7%. Sedangkan pasangan no urut 02 elektabilitasnya 19,7%.

“Dari hasil tersebut, sebanyak 21,01% responden masih ragu ragu dalam menentukan pilihan. Dan 1,5 % responden tidak mau menjawab,” ujar Hari Fitrianto, peneliti The Initiative Institute di sela pemaparan hasil Survey yang dihadiri politisi Golkar Mukhammad Misbakhun dan Gubernur Jatim terpilih Khofifah Indar Parawansa

Menurut Hari dari data elektabilitas tersebut, pasangan Jokowi-KH Ma’ruf Amin hampir merata alami kemenangan di jatim. Sedangkan pasangan Prabowo – Sandiaga Uno hanya menang di Madura.

“Untuk kawasan Madura yang memiliki 4 Kabupaten, Pasangan Prabowo – Sandiaga Uno elektabilitas mencapai 43% sedangkan pasangam Jokowi – KH Ma’ruf Amin 20,3%. Sedangkan 10,3% masih ragu ragu untuk memilih,” terangnya.

Sementara itu CEO The Initiative Institute Airlangga Pribadi mengatakan, dari hasil survey ini juga menunjukkan bahwa masyarakat jatim masih melihat kinerja sebagai pilihan mereka terhadap sosok calon.

Dimana lanjut Airlangga dari hasil survey 44,6% masyarakat jatim menyarakan puas dengan kinerja Jokowi saat ini. 26,80% menyatakan cukup puas dan 12,40% sangat puas.

“Sementara untuk responden yang menyatakan kurang puas 12% dan yang menyatakan tidak puas terhadap kinerja Jokowi saat ini mencapai 4,20%,” jelasnya.

Dari hasil survey tersebut, untuk Popularitas dua pasangan capres – cawapres di Jatim menunjukkan angka yang tinggi lebih dari 80%.

Sedangkan untuk liketabilitas (kesukaan) masyarakat Jatim terhadap pasangan Jokowi – KH Ma’ruf Amin, juga menunjukkan angka tinggi 89,7%. Sedangkan pasangan Prabowo – Sandiaga Uno kesukaan masyarakat jatim mencapai 68,2%.

Sedangkan klaim kubu calon Prabowo -Sandiaga Uno, bahwa didukung emak emak. Ternyata tidak di jatim. Dimana dari hasil survey, pemilih pasangan no urut 02 ini didominasi laki laki. Justru pemilih no urut 01, Jokowi – Sandiga Uno banyak dipilih kalangan perempuan di Jatim. (ars/abi)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION