Jika Menang, Eri Cahyadi Akan Tuntaskan Pengangguran Di Surabaya

Portaltiga.com – Bacalon Walikota Surabaya Eri Cahyadi melakukan konsolidasi menampung aspirasi para pendukungnya. Mantan Kepala Bapeko ini berjanji akan memperhatikan nasib warga Surabaya yang masih menganggur atau tanpa pekerjaan.

Eri Cahyadi bertemu dengan pengurus harian ormas Pemuda Pancasila (PP) Kota Surabaya di Posko pemenangan Er-Ji di Jalan Kutai 53 Surabaya, Kamis (16/09/2020). Selain menjaring aspirasi, pertemuan sekaligus mempersiapkan deklarasi dukungan ke ErJi dari Pemuda Pancasila besok Jumat 18 September 2020 lusa depan.

Saat mendampingi Eri Cahyadi, Ketua DPC Partai Bulan Bintang Kota Surabaya Samsurin, menyampaikan masih banyaknya warga yang menganggur karena tidak terserap oleh perusahaan. Menurut Surin, masih banyak perusahaan atau industri baru yang tidak menampung tenaga kerja lokal yang terkena dampak dalam investasi tersebut. Perusahaan baru pun sering ditemui masih banyak menabrak aturan Analisa dampak lingkungan atau Amdal.

“Seharusnya jika ada invetasi baru masuk ke Surabaya, baik perhotelan, pergudangan, perumahan atau alih fungsi lahan lainnya, Perusahaan tersebuat wajib merekrut warga lokal di sekitar situ. Kami yakin Pak Eri Cahyadi mempunyai komitmen besar terhadap persoalan pengangguran dan kemiskinan di kota ini,” imbuh koordinator Koalisi Membangun Surabaya (KMS) ini.

Menanggapi itu, Eri menjelaskan, banyak investasi perhotelan, pergudangan serta industri di kota Pahlawan. Bila mengacu pada Analisa dampak dari industri dan pergudangan serta hotel, lanjut dia, harusnya 80 persen tenaga kerjanya berasal dari warga surabaya, bukan dari luar kota.

Ke depan, Eri berjanji bila mendapat kepercayaan memimpin kota surabaya, akan memberikan pelatihan gratis kepada warga Surabaya. Diharapkan, warga tidak hanya siap bekerja, tetapi dilatih sampai dengan bisa memenuhi standar sumber daya manusia yang diinginkan perusahaan.

“Surabaya ke depan harus bebas dari pengangguran dan bebas dari kemiskinan. Dengan pelatihan kerja gratis, Warga surabaya bisa bekerja dengan standar kebutuhan yang diminta oleh perusahaan,” tegas Eri.

Tak cukup itu, Eri juga akan menyiapkan anggaran bagi RT, RW dan LPMK untuk membantu pendataan warga yang masih menganggur tanpa pekerjaan, atau lulusan baru yang sedang mencari kerja. Nama yang terdata di sistem, selanjutnya akan dihubungkan dengan perusahaan atau lembaga yang membutuhkan tenaga kerja sesuai keahlian.

“Kita akan anggarkan Rp 1 juta sampai Rp 1,5 juta anggaran bagi  RT RW dan LPMK, melalui perwali. Tapi mereka wajib punya data update, siapa saja warga yang belum bekerja, jadi pemkot tinggal klik data tersebut dengan perusahaan terdekat, agar mereka dipekerjakan,” ujar Eri Cahyadi.

Seperti diketahui, Eri Cahyadi akan didampingi calon wakil walikota Surabaya Armuji dan diusung oleh PDIP dan didukung PSI serta partai non parlemen (KMS) (abi/tea)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION

Translate »