Jika Kunjungi Pati, Wajib Coba Kuliner Ini

Portaltiga.com – Jika Anda Mengunjungi Kota Pati, Jawa Tengah kurang lengkap rasanya jika anda belum pernah mencoba memakan kuliner khas kota Pati. Salah satu kulinernya yang paling terkenal adalah Nasi Gandul.

Sepintas Nasi Gandul mirip seperti semur daging atau gulai, tapi jangan salah, Nasi Gandul berbeda rasanya di lidah, terasa lebih gurih. Di daerah pati ada banyak gerai yang menjajakan makanan nasi gandul, termasuk warung makan nasi gandul bu Yati di pertigaan setelah Stadion Joyo Kusumo kota Pati.

warung makan nasi Gandul bu Yati sedikit berbeda dengan beberapa warung nasi gandul di sekitarnya. Di sini anda akan menemui pramusaji yang ramah dan nuansa yang dihadirkan nuansa klasik karena didindingnya terdapat jepretan memorabilia kota pati masa lalu.

Menurut pemilik yang akrap di panggil “papa“ nama nasi Gandul diambil dari cara penyajiannya yang unik, yakni piring yang telah dilapisi oleh daun pisang, kemudian diisi oleh nasi, baru setelah itu diberi kuah. Karena itu sering disebut bahwa nasi dan kuah itu mengambang / menggantung (nggandul). cara memakannya juga cukup unik, dengan menggunakan suru atau daun pisang sebagai pengganti sendok.

“Biasanya mas kami buka dari sore sampe malem, jam 9 saja sudah habis, pengunjung rata-rata dari berbagai kalangan dan banyak yang orang dari kota lain untuk singgah.” Uncap papa.

Pada zaman dahulu, cara berjualan nasi gandul dengan cara di pikul keliling kampung.

Saat membeli nasi gandul biasanya amda hanya akan mendapatkan nasi putih ditambah kuah gandul. setelah itu, anda bisa memilih sendiri lauk kepada sang penjual. Biasanya lauk yang tersedia pada nasi gandul adalah tempe goreng, berkedel, telor bacem, daging sapi, dan jerohan sapi.

Harga yang di tawarkan cukup murah, untuk satu porsi nasi gandul plus minum hanya 12.000 rupiah. bagaimana, anda tertarik mencoba? (doy/tea)

JOIN THE DISCUSSION