Headline News

Jika Anda Ingin Terhindar Dari Diabetes Dan Berat Badan Berlebih, Ikuti Tips Ini

08/11/2017
22 Views

Portaltiga.com – Jika anda adalah seorang penderita diabetes dan memiliki berat badan yang berlebih maka sebaiknya anda mulai untuk menurunkan berat badan anda.

Bagi pasien diabetes, kehilangan 5 persen bobot tubuh merupakan hal yang sangat baik. Karena dapat menurunkan dan menjaga kadar gula darah, bahkan dapat memperbaiki tekanan darah dan kolesterol.

Maka ada baiknya para pasien diabetes untuk mulai melakukan perubahan. Apa yang harus dilakukan pasien diabetes agar berhasil menurunkan berat badan?

1. Terapkan diet

Pasien diabetes sebaiknya menghindari makanan berkarbohidrat tinggi seperti nasi putih. Menerapkan diet karbo cukup baik untuk menjaga kadar gula darah.

Ada baiknya untuk lebih banyak mengonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan, makanan kaya omega 3 seperti salmon dan kacang-kacangan, serta lemak sehat yang terkandung di minyak zaitun dan alpukat.

2. Berolahraga

Tidak perlu khawatir, pasien diabetes boleh dan sangat dianjurkan untuk berolahraga. Olahraga dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu menyingkirkan lemak-lemak jahat.

Aktivitas fisik yang dapat dilakukan seperti latihan aerobik dengan intensitas sedang. Olahraga ini dapat dilakukan secara teratur 3-5 kali per minggu selama 30-45 menit.

3. Mencatat asupan kalori

Bagi pasien diabetes, mengontrol asupan karbohidrat dan gula sangat penting. Dikutip dari health.com, sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang menyimpan jurnal berisi catatan makanan sehari-hari, mereka kehilangan berat badan dua kali lebih banyak daripada mereka yang tidak melakukan.

“Catat asupan Anda dalam buku catatan sederhana atau gunakan aplikasi seperti MyFitnessPal. Dengan mengurangi karbohidrat dan gula, Anda bisa menurunkan berat badan dan mengatur kadar gula darah rata-rata selama dua sampai tiga bulan,” jelas professor kedokteran klinis di University of California, Los Angeles, Etie Moghissi, MD.

4. Jangan lewatkan sarapan

Menurut ahli nutrisi di Seattle Sutton’s Healthy Eating dan Certified Diabetes Educator, Rene Ficek, RD, sarapan dapat menurunkan berat badan karena dapat menahan lapar di tengah hari, menghasilkan glukosa yang tidak berlebih, serta meningkatkan metabolisme tubuh.

Sebuah penelitian di Israel menunjukkan bahwa sepertiga penderita diabetes yang selalu sarapan, termasuk protein dan lemak sehat mampu mengurangi pengobatan diabetes mereka dan menurunkan kadar gula darahnya sebesar 17 persen.

5. Periksa berat badan sesering mungkin

Dengan rutin memeriksa berat badan, Anda akan mengetahui proses penurunan berat badan sudah sampai sejauh mana.

“Pemantauan berat badan secara teratur adalah bentuk pertanggungjawaban dan pemantauan diri. Dan pemantauan diri yang konsisten dikaitkan dengan peningkatan penurunan berat badan,” ujar Ficek. (dtc/tea)

Leave A Comment