Jembatan Widang-Babat Mulai Dioperasionalkan

Portaltiga.comJembatan Widang-Babat yang ambruk beberapa waktu lalu, kembali dioperasionalkan. Gubenur Jatim Soekarwo secara resmi membuka jembatan tersebut, Rabu (6/6/2018) pagi.

“Mulai hari ini, semua kendaraan boleh melintas di jembatan ini. Sesuai rencana semula, H-10 hari ini jembatan bisa dilalui pemudik,” kata Pakde Karwo didampingi Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VIII Jatim I Ketut Darma Wahana.

Pantauan portaltiga.com, setelah resmi dibuka operasionalnya, semua kendaraan berebut melintasi jembatan baru tersebut. Truk, bus, dan kendaraan kecil hingga motor harus berjalan melambat.

Pakde Karwo, sapaan akrabnya-menyaksikan kendaraan yang melintas. Nampak sekali Pakde Karwo puas dengan beroperasionalnya jembatan Widang. Sebab, pembangunan jembatan baru oleh BBPJN ini tuntas seusai jadwal awal.

Meski sudah dibuka, kendaraan yang melintas dilarang berjalan berdampingan. Larangan ini, terkait dengan usia konatruksi jembatan. Jika jembatan itu dilalui melebihi batas tonase, usia kontruksi jembatan akan berkurang.

“Idealnya konstruksi jembatan bisa sampai 50 tahun. Jadi, kemdaraan yang melintas harus beriringan dengan jarak agak jauh. Kami hanya akan toleransi truk atau kendaraan besar yang boleh melintas tidak lebih dari 40 ton,” kata Kepala Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) I Ketut Darma Wahana.

Hanya saja, tidak mudah mengukur atau memastikan bahwa truk atau kendaraan itu tidak lebih dari batas maksimal yang ditetapkan. Persoalan lainnya adalah belum berfungsinya jembatan Timbang.

“Persoalannya adalah jembatan Timbang tidak berfungsi. Saya sudah minta tiga kali ke pusat agar jembatan timbang diaktifkan lagi,” kata Pakde Karwo.

Jembatan Widang-Babat yang runtuh diperbaiki total dan dibangun jembatan baru. Bukan membuat jembatan Bailey sebagaimana rencana awal. Pembuatan jembatan baru itu dikerjakan oleh Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) wilayah VIII di lokasi ambruknya jembatan Widang-Babat. (bmw/tea)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION