Jembatan Suramadu Digratiskan untuk Semua Kendaraan?

Portaltiga.com – Komisi D DPRD Jatim menyambut positif dan mengapresiasi rencana pemerintah pusat yang akan menggaratiskan atau membebaskan tarif Jalan Tol Jembatan  Nasional Surabaya – Madura (Suramadu) untuk mobil pada akhir bulan ini.

Anggota Komisi D DPRD Jatim, Aliyadi ditemui di DPRD Jatim, Rabu (24/10/2018) mengatakan, hal itu menjadi harapan besar bagi masyarakat di Madura. Sebab, selama ini Jembatan Suramadu tak lebih hanya sekadar media transportasi saja. Yang mana,  hal itu kurang berdampak di sisi ekonomi.

“Selama ini, dari sisi ekonomi kurang begitu ada imbas,” kata aliyadi politisi asal Madura ini.

Ia menjelaskan,dengan adanya wacana penggratisan tersebut maka akan berdampak positif terhadap masyarakat Madura. “Baik untuk perkembangan yang bersifat fisik seperti infrastruktur, juga terkait ekonomi,”ujar Aliyadi politisi asal Fraksi PKB Jatim.

Peningkatan ekonomi tersebut diantaranya, disebabkan karena efisiensi harga sehingga menyebabkan barang relatif lebih murah. “Lalu lintas barang yang keluar masuk di Madura akan lebih murah,” katanya.

Menurutnya,  harga tarif di Jembatan Suramadu menjadi salah satu yang dikeluhkan oleh masyarakat Madura selama ini.

Ia pun bercerita saat Presiden Joko Widodo telah menurunkan harga tiket untuk kendaaraan roda empat menjadi Rp. 15 ribu dari yang awalnya Rp.30 ribu pada massa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

“Saat itu masyarakat di Madura sangat berterimakasih. Kami yang ada di Madura merasakan betul, manfaatnya,” tegasnya.

Maka itu, nantinya pemerintah pusat juga telah mengkaji proses perawatan Jembatan Suramadu pasca digratiskan. Termasuk, besaran dan sumber dananya. “Tentunya, dampak positif yang akan diterima oleh masyarakat untuk akan lebih besar. Sehingga, kedepannya lebih besar harapannya untuk meningkatkan kesejahteraan di Madura,” pungkasnya.

Saat ini, Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) tinggal menunggu keputusan presiden dikeluarkan.

Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR, Endra Atmawidjaja, mengatakan, Presiden RI Joko Widodo sudah setuju dengan usulan pembebasan tarif Tol Suramadu dari pemerintah daerah di Madura.

Menurut dia, empat kabupaten di Pulau Garam tersebut meminta agar biaya tol digratiskan. “Kelihatannya Pak Presiden (Jokowi) sudah setuju, tinggal keputusan presiden-nya (kepres) nanti akan dikeluarkan keppres baru,” ucap Endra. “Kita tunggu saja keppresnya seperti apa,” lanjutnya.

Presiden Jokowi sudah menyetujui usulan kumpulan pemda di Madura untuk membebaskan tarif tol. Jokowi sendiri dijadwalkan akan meninjau Jembatan Suramadu.

“Saya kira seperti itu (Presiden Jokowi setuju). (Pembebasan tarif tol Suramadu) ini untuk kepentingan Madura dan pengembangan wilayah Madura. Sama dengan yang disampaikan Pak Gubernur (Jawa Timur),” ucapnya. (jnr/abi)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION