Jelang Ramadhan, Daging Oplosan sapi Dan Daging Babi Beredar Di Jatim

 

Portaltiga.com: Masyarakat perlu mewaspadai adanya penjualan daging oplosan daging sapi dengan daging babi. Terutama saat menjelang ramadhan saat ini. Mahalnya harga daging, tentunya membuat pihak-pihak tertentu melakukan segala cara untuk mengeruk keuntungan, salah satunya mengoplos daging sapi dan daging babi.

Hal ini tampak hasil pengungkapan yang dilakukan Polda Jatim,Kamis(26/5) di sebuah pasar di Semolowaru Sukolilo Surabaya. Dalam pengungkapan tersebut diamankan tersangka bernama Sarifyah.
“Tersangka sudah dua tahun menjual daging oplosan daging sapi dan daging babi,”ungkap Kabidhumas Polda Jatim Kombes Pol Argo Yuwono dikantornya.

Argo mengatakan modus tersangka dalam menjalankan aksinya yaitu mengoplos daging sapi 13 kg daging sapi dengan 10 kg daging babi.”Tersangka ini menjual daging oplosan dengan harga Rp 100 ribu/kg,”jelasnya.

Sementara itu, dalam pengungkapan tersebut diamankan barang bukti 16 kg daging oplosan, timbangan, penggantung daging dan pisau daging. Sedangkan untuk pasal yang dijeratkan kepada pelaku, penyidik akan menjeratnya dengan pasal 86 ayat 2 jo pasal 1 angka 5 UU RI No. 18 tahun 2012 tentang pangan jo pasal 8 ayat 1 huruf d UU RI No.8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen dengan ancaman pidana maksimal 5 tahun penjara atau denda Rp 10 miliar.(Niek)

JOIN THE DISCUSSION