Jelang Pensiun Kinerja Menurun,DPRD Jatim Panggil Kadisnak

 

Portaltiga.com: Komisi B DPRD Jatim akan memanggil Dinas Peternakan (Disnak) Jatim untuk diminta penjelasannya atas tingginya harga daging sapi di Jatim saat Ramadhan hingga Idul Fitri 2016 mendatang.

“”Dalam waktu dekat ini kami akan memanggil Disnak Jatim untuk proses klarifikasi. Saat itu Disnak Jatim mengaku di Jatim ada stok daging sebanyak 95.430 ton/tahun, Namun dari angka tersebut konsumsi untuk Jatim hanya 60 persen atau antara 80-85 kg, sedang sisanya 40 persen untuk konsumsi di luar Jatim. Waktu itu kami menganggap stok daging di Jatim aman, Namun kenyataannya harga yang ada kok terus melonjak naik,”papar anggota Komisi B DPRD Jatim Chusainuddin Bolkiah yang diklarifikasi lewat telepon genggamnya, Kamis (9/7).

senada dengan Chusainuddin,anggota Komisi B DPRD Jatim lainnya, Zainul Lutfi mengatakan sesuai pengamatan di lapangan saat ini pemotongan sapi di sejumlah Rumah Potong Hewan (RPH) mengalami penurunan drastis hingga 40 persen. Itu karena stok sapi yang akan dipotong tidak ada. Otomatis harga di pasarpun juga tinggi. Hal ini menganut sistim ekonomi jika suply tidak sesuai dengan demand, maka otomatis harga yang ada terdongkrak naik.

“Karena itu perlu dipertanyakan data yang diberikan Disnak ke dewan. Mengingat kondisi di lapangan tidak sesuai dengan data yang ada. Untuk itu, kami akan segera memanggil Disnak Jatim untuk proses klarifikasi,”papar politisi PAN ini.(Yudhie)

JOIN THE DISCUSSION