Jatim Bangun Bandara Purboyo Di Malang Selatan

 

portaltiga.com:Kawasan Malang Selatan akan dijadikan lokasi pembangunan bandara baru. Lahan yang dipakai untuk membangun Bandara Purboyo tersebut seluas 600 hektar. Rencananya, Bandara Purboyo akan dibangun dengan panjang runway atau landasan pacu minimal tiga ribu meter.

Rencana pembangunan Bandara Purboyo di kawasan Malang Selatan ini terungkap dalam pertemuan antara Pemerintah Jawa Timur bersama perwakilan Marinir TNI Angkatan Laut (AL) di kantor Gubernur, Senin (22/2).

“Kita sudah sepakat dengan TNI AL. Bandara baru ini nanti akan kita bangun di dekat laut di Malang Selatan,” kata Mudjib Affan, Asisten VI Bidang Administrasi dan Umum Setdaprov, usai mengikuti pertemuan membahas rencana pembangunan Bandara yang akan dinamakan sebagai Bandara Purboyo ini.

Sesuai rencana, Bandara Purboyo yang akan dibangun akan menggunakan lahan milik TNI AL yang berada di desa Srigonco dan Desa Bantur, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang. Di kawasan itu, TNI Angkatan Laut setidaknya memiliki lahan lebih dari 1.000 hektar.

Dari 1.000 hektar tanah itu, 600 hektar diantaranya akan dijadikan lokasi pembangunan Bandara Purboyo. Hasil kajian yang dilakukan Pemprov Jatim dan TNI AL, di lahan yang kini berstatus sebagai lahan untuk latihan tempur ini memang cukup strategis dan merupakan lahan yang landai serta dekat dengan Jalan Lintas Selatan (JLS).

Selain itu, potensi ekonomi di Malang cukup menjanjikan sehingga pendirian bandara baru sangat diperlukan. “Jika jadi dibangun, Bandara Purboyo tidak akan menggantikan keberadaan Bandara Abdul Rachman Saleh, melainkan akan menambah keberadaan Bandara di Malang,” tandasnya.

Untuk itu, pihaknya membentuk tim bersama guna mempercepat realisasi Bandara Purboyo, Langkah awal yang dilakukan tim bersama ini akan segera mendatangi Kementerian Perhubungan. (Bmw)

JOIN THE DISCUSSION