portaltiga.com
Olah Raga

Jaringan XL Sukses Layani Pelanggan Libur Panjang Natal dan Tahun Baru

SURABAYA – PT XL Axiata Tbk (XL) sukses melayani pelanggan sepanjang liburan menjelang akhir tahun 2015. Jaringan XL sama sekali tidak mengalami gangguan teknis akibat kenaikan trafik penggunaan semua layanan. Kapasitas jaringan XL telah mampu menampung trafik kenaikan semua layanan di semua wilayah, terutama layanan data. Trafik penggunaan layanan data meningkat selama masa liburan sepanjang dua pekan terakhir Desember 2015 hingga 3 Januari 2016. Selain itu, XL juga menjaga kualitas layanan dengan seksama sehingga pelanggan bisa mendapatkan manfaat yang tetap maksimal dari layanan XL selama liburan.

VP XL East, Desy Sari Dewi mengatakan,“Tahun ini periode liburan cukup panjang, hampir sekitar 2 pekan. Di situ juga ada dua hari besar, Natal dan Tahun Baru. Kita bisa saksikan masyarakat melakukan pergerakan untuk berlibur di berbagai daerah. Kami paham benar, saat ini eranya orang mendokumentasikan apa saja yang dilihat dan dirasakan lalu menyebarkannya ke komunitasnya melalui layanan data dan internet. Karena itu, kami benar-benar menjaga kinerja jaringan secara prima bisa melayani pelanggan.”

Kenaikan trafik terutama terjadi pada akses layanan Data, terutama pada berbagai jenis layanan media jejaring sosial dan pengirim pesan instans. Kenaikan layanan meningkat selama periode liburan tersebut. Untuk layanan data, terjadi kenaikan rata-rata sekitar 21% yakni 164,853 GigaByte/hari dibandingkan dengan periode hari-hari biasa. Pada penggunaan media jejaring sosial, terjadi kenaikan terutama pada Facebook sebesar 7% dan Path 11%. Pada hari biasa, trafik Data sebesar 136,242 GigaByte/hari. Sedangkan pada voice terjadi kenaikan 4% yakni 33.204.618 menit/hari dari trafik hari biasa 31.927.517 menit/hari dan terjadi kenaikan trafik SMS sebesar 8% yakni 34.910.320 sms/hari dari trafik hari biasa 32.324.370 sms/hari.

Data XL menunjukkan, selama liburan terdeteksi terjadinya kenaikan trafik penggunaan layanan XL di daerah-daerah tertentu, terutama kota-kota tujuan wisata di Jawa seperti Bandung, Yogyakarta, Bali. Lebih spesifik lagi, kenaikan trafik terjadi di lokasi-lokasi wisata. Di Jakarta antara lain di Ancol, Monas, dan TMII. Di Yogya terutama di sejumlah di Gunung Kidul. Bandung di Lembang dan lokasi belanja di dalam kota. Surabaya antara lain di Jembatan Suramadu dan kebun binatang. Bali di sejumlah pantai, juga di area Ubud.

Jaringan XL di seluruh wilayah layanan didukung lebih dari 56 ribu BTS, sebanyak sekitar 3 ribu di antaranya adalah BTS 4G LTE. Sementara itu XL jaringan backbone fiber opticterbentang sepanjang tidak kurang dari 37 ribu km yang menghubungkan pulau Jawa dan tersambung melalui jaringan kabel bawah laut ke Bali-Lombok, Sumatera, Batam, Kalimantan dan Sulawesi.