Jago Naik Motor Jangan Pernah Sombong

Portaltiga.com – Bagi masyarakat Indonesia yang beraktivitas menggunakan sepeda motor, harus tetap mengutamakan keamanan dan juga keselamatan. Paling sederhana, menanamkan disiplin pada diri sendiri selama di jalan raya.

Menurut Ibnu Fachrizal, instruktur safety riding binaan PT Astra Honda Motor (AHM) yang menang juara pertama di kelas CB400 dan Overall Group CB400 di Jepang, jangan pernah sombong meskipun merasa jago ketika naik motor.

“Jadi ikuti semua peraturan yang ada, lalu naik motor itu harus selalu berpikir positif demi keselamatan dan keamanan selama berkendara,” ujar Ibnu ketika berbincang dengan Kompas.com di Tokyo, Jepang, Jumat (19/10/2018).

Ibnu melanjutkan, ketika berkendara mau memacu motor dengan kecepatan rendah atau tinggi tidak masalah, asalkan sesuai dengan tempat dan juga aturan. Jangan pernah, melanggar rambu lalu lintas, dan mengutamakan ego.

Tetapi yang paling penting, berkendara sesuai dengan kemampuan agar merasa lebih aman dan nyaman selama di jalan,” kata Ibnu, pria asal Samarinda itu.

Selain itu, jika merasa kurang pengetahuan soal cara berkendara yang aman, jangan pernah menyerah. Informasi tersebut bisa didapat melalui media apa saja.

“Jadi jangan juga cepat puas, jangan merasa sudah bisa lalu tidak mau menambah ilmu lagi. Ilmu pengetahaun soal keamanan dan keselamatan berkendara itu sangat banyak, dan tidak ada ruginya untuk dipelajari,” ucap dia. (kc/abi)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION