Jack Ma Memutuskan Akan Pensiun Dari Alibaba Karena Hal Ini

Portaltiga.com – miliarder Jack Ma memutuskan akan segera pensiun dari Alibaba, raksasa e-conmerce China yang dibesarkannya. Alasan Jack Ma untuk meninggalkan alibaba ternyata cukup mengejutkan.

Dalam wawancara dengan Bloomberg TV, chairman Alibaba ini mengaku telah mendedikasikan waktu dan uangnya untuk membuat yayasan kemanusiaan. Jack Ma ingin mengikuti jejak Bill Gates, berkarya untuk amal.

“Ada banyak hal yang bisa kupelajari dari Bill Gates. Aku memang takkan pernah menjadi sekaya dia, tapi satu hal yang bisa kulakukan dengan lebih baik adalah pensiun lebih awal,” kata Jack kepada Bloomberg.

Ketika ditanya kapan tepatnya pria yang baru saja berkunjung ke Indonesia ini pensiun, dia belum mau menyebutkannya. Demikian pula berapa uang yang akan ia sumbang. Yang pasti saat ini, Ma sudah mempersiapkan dengan matang rencana untuk berbuat lebih di bidang filantropi.

“Kalian akan segera tahu. Aku mempersiapkan Jack Ma Foundation. Semua itu sudah aku persiapkan selama 10 tahun,” kata dia.

Di sisi lain, Ma juga membuka kemungkinan ingin jadi guru lagi jika sudah pensiun. Dulu sebelum merintis Alibaba, dia memang pernah menjadi guru bahasa Inggris.

“Pendidikan bisa meninggalkan dampak yang besar,” sebutnya dalam sebuah forum edukasi di China seperti dikutip detikINETdari China Press. “Ketika aku memulai Alibaba, pendidikan sangat membantuku,”

Ma memang terindikasi sudah merasa tidak betah menjalankan Alibaba. Bahkan, entah serius atau tidak, dia pernah mengatakan menyesal telah membuat Alibaba sebesar sekarang.

“Kesalahan terbesarku adalah menciptakan Alibaba. Aku tak pernah mengira ini akan mengubah hidupku. Aku hanya coba melakukan bisnis kecil-kecilan dan tumbuh sedemikian besar, ada tanggung jawab dan masalah besar. Setiap hari malah jadi sibuk seperti presiden. Dan kemudian aku kehilangan hidupku,” katanya dalam sebuah kesempatan. (dtc/tea)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION