Iuran Naik, Pelayanan BPJS Kesehatan Di Surabaya Amburadul

29/03/2016
273 Views

 

Portaltiga.com: Pelayanan pesert Badan Pengelola Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di Surabaya hingga saat ini ternyata masih amburadul. Indikator tersebut terlihat dari masih banyaknya pasien peserta BPJS Kesehatan yang belum maksimal dalam pelayanan saat di rumah sakit.

Hal ini mengemuka saat digelarnya hearing Komisi D DPRD Kota Surabaya dengan BPJS Kesehatan Surabaya, dan Kadinkes Surabaya, di Gedung DPRD Kota Surabaya, Selasa (29/03/16).

Dalam hearring tersebut komisi yang membidangi kesejahteraan menyoroti kesiapan BPJS dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Surabaya.

Wakil Ketua Komisi D DPRD Surabaya, Junaedi mengatakan, bahwa dengan adanya kenaikan tarif iuran peserta BPJS per 1 April mendatang, seharusnya BPJS juga meningkatkan pelayanannya. Namun, kenyataannya sampai kini mereka masih saja kurang memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

“Semestinya, kalau ada kenaikan tarif, ada peningkatan pelayanan. Tapi kenyataannya, dalam hearring tadi tampak mereka tidak siap untuk meningkatkan pelayanannya,”ujar Junaed, kepada wartawan di Gedung DPRD Kota Surabaya, Selasa (29/03/16).

Ia mejelaskan, mengungkapkan saat Ia melakukan reses beberapa waktu yang lalu, banyak konstetuennya yang komplain tentang pelayanan BPJS. Salah satunya, dalam mencari kamar untuk rawat inap, sangat sulit mendapatkannya.

Petugas medis mengetahui kalau pasien peserta BPJS, mereka langsung bilang kamar penuh. Dan disuruh untuk menunggu sampai kamar ada.

“Seharusnya kejadian tersebut tidak boleh terjadi. Karena masyarakat ikut BPJS berkwajiban membayar iuran. Dan masyarakat itu, berhak mendapatkan pelayanan kesehatan yang memuaskan sesuai dengan SOP badan kesehatan bentukan pemerintah ini.”katanya.

Lebih lanjut, Junaedi, mengatakan, masyakat itu wajib membayar iuarannya. Semestinya, mereka juga berhak mendapatkan pelayanan kesehatan sesuai dengan SOP BPJS dong. Namun, kenyataannya mereka tidak mendapatkannya. Malah, BPJS seakan tidak tanggung jawab.

Senada dengan Junaedi, anggota Komisi D dari Partai Hanura, Sugito. Menurutnya, fakta tersebut bukan rahasia lagi. Hampir tiap hari, media memberitakan tentang pelayanan BPJS kepada masyarakat.

“Untuk itu, Saya tadi meminta agar BPJS membuat skedul proritas peningkatan pelayanan dalam 1 tahun ke depan. Dalam 2 minggu ke depan, mereka harus segera mengirimkan kepada kami Komisi D,”ungkapnya (TrishnO)

Leave A Comment